Dieselgate Wolkswagen

Akibat Dieselgate, Duit Volkswagen Menguap USD1,2 Miliar

Ekawan Raharja    •    Kamis, 06 Oct 2016 11:54 WIB
volkswagen
Akibat Dieselgate, Duit Volkswagen Menguap USD1,2 Miliar
Volkswagen harus membayar USD1,2 miliar kepada dealer yang dirugikan oleh skandal dieselgate. Motortrend

Metrotvnews.com: Volkswagen kembali harus merogoh USD1,2 miliar untuk melakukan ganti rugi akibat dieselgate. Uang sejumlah itu harus dibayarkan kepada dealer Volkswagen yang ada di Amerika Serikat.

Menurut Indian Express, denda ini harus dibayarkan setelah pengadilan San Francisco memenangkan tuntutan para dealer yang mengalami kerugian. Namun untuk mekanisme penggantian ini belum dijelaskan secara detail dan masih dalam tahap pembahasan.

Sebelumnya, pabrikan asal Jerman tersebut harus membayar USD10 miliar untuk memperbaiki 475 ribu mobil yang terkena dieselgate. Tak hanya itu, mereka juga harus memberikan uang ganti rugi sebesar USD10 ribu kepada konsumen yang dirugikan.

"Ada dukungan yang kuat untuk menyelesaikan kasus ini, dan beragam manfaat dipersiapkan," ujar Pengacara Volkswagen Elizabeth Cabraser.

Seperti yang diketahui, badan uji emisi di Amerika Serikat menemukan software yang dapat memanipulasi hasil emisi diesel milik Volkswagen. Sejak itu, kasus dieselgate terus meluas ke berbagai negara, dan Volkswagen mengalami penurunan penjualan di berbagai negara.


(UDA)