Harman Riset In Car Entertainment Anti Maling

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 01 Sep 2016 08:22 WIB
teknologi otomotif
Harman Riset <i>In Car Entertainment</i> Anti Maling
Harman ciptakan sistem keamanan infotainment mobil. Autoevoluiton

Metrotvnews.com: Aksi kejahatan pencurian mobil kini sudah menggunakan cara yang lebih canggih, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi internet atau yang di kenal dengan cyber crime. Para pelaku bisa membobol sistem keamanan mobil dengan leluasa. Tapi Harman, produsen in car entertainment (ICE) bakal fokus soal keamanan cyber yang dikembangkan dalam perangkat yang mereka produksi.

ICE ini nantinya akan dilengkapi dengan beberapa lapis sistem pengaman unit multimedia. Solusi ini digambarkan sebagai sistem kemanan 5+1. Fungsinya mencegah pembobolan sistem kendaraan melalui koneksi internet.

Seperti kasus yang menimpa Jeep Cherokee 2014. Mobil ini berhasil diretas oleh hacker menggunakan koneksi komunikasi nirkabel modul radio. Bagian yang berhasil mereka ambil alih adalah mematikan mesin, menonaktifkan rem serta mengendalikan kemudi pada kecepatan rendah antara 10-15 km per jam.

Sistem yang saat ini dikembangkan Harman adalah untuk mencegah hubungan antara CD player dan sistem pengereman. Kemudian setup baru 'fitur sandbox' yang berfungsi memisahkan aplikasi download dari sistem kendaraan. Namun, jika nantinya sistem ini malah menimbukan resiko pada sistem keamanan, maka dapat dihapus dengan mudah.

Sistem keamanan lainnya termasuk over-the-air update untuk semua unit multimedia, serta sistem perlindungan jaringan yang mencegah setiap upaya gangguan dari ECU melalui unit multimedia, atau dengan memanfaatkan protokol komunikasi.

Harman mengklaim entertainment yang dikembangkannya saat ini dapat dijadikan solusi cyber crime yang hampir tak tertembus oleh para hacker. Apalagi jika sistem entertainment multimedia memiliki fungsi yang terhubung dengan data pribadi, informasi kartu kredit dan lainnya. Menurut perusahaan tersebut, beberapa produsen mobil Jerman sedang dalam tahap pembicaraan untuk memasang sistem ini pada mobilnya.


(UDA)