Mobil Baru

Nissan Pakai Teknologi ProPilot Assist di Nissan Leaf

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 24 Jul 2017 14:30 WIB
nissan
Nissan Pakai Teknologi ProPilot Assist di Nissan Leaf
ProPilot Assist fitur baru yang akan diaplikasikan di Nissan Leaf. Autoguide

Metrotvnews.com: ProPilot Assist bakal sistem cruise-control adaptif generasi Nissan berikutnya, yang ditujukan untuk mengurangi kelelahan pengemudi dalam berkendara. Ini adalah langkah Nissan untuk menuju generasi mobil otonomnya.

Dikutip dari Autoguide, dalam pengembangannya selama sekitar empat tahun dengan lebih dari 50.000 mil pengujian, diklaim bebas insiden. Teknologi ini direncanakan bakal dipakai di mobil listrik Leaf akhir tahun nanti.

Menurut senior manager of intelligent transportation systems research at Nissan, Andy Christensen,  teknologi ini merupakan "versi cruise control cerdas yang disempurnakan." Dalam kondisi tidak aktif, pengemudi harus tetap terlibat dan waspada, dengan tangan mereka tetap di kemudi.

Disebutkan, seperti sistem adaptif lainnya, ProPilot Assist secara otomatis mempertahankan jarak aman antara kendaraan yang ada di depan dan belakangnya. Menyesuaikan kecepatan dan menghentikan kendaraan jika diperlukan. Termasuk membantu agar tetap terpusat di jalur perjalanan yang diinginkan.

Christensen menambahkan, ketika fitur ini aktif, maka secara otomatis akan mengaktifkan semua fungsi yang terkait dengan sensor lainnya, seperti kamera optik dan unit radar depan yang menghadap ke depan. Di luar itu ada power steering yang dibantu secara elektronik, komputer kontrol terpisah, dan banyak lagi.

Untuk berfungsi seperti yang diiklankan, ProPilot Assist membutuhkan "tanda jalur yang jelas dan konsisten," kata Christensen. Ini berarti ada beberapa keterbatasan. "Sinar matahari rendah bisa menjadi masalah," catatnya, seperti di pagi atau sore hari. Artinya penerimaan kamera kurang jelas bakal sangat berpengaruh terhadap fungsi sensor. Selain itu, endapan saat musim dingin dapat mengurangi kontras antara tanda jalan dan jalur, sehingga sistem menjadi sulit membaca.

"Tapi saat cuaca cerah dan dalam kondisi baik, teknologi ini bekerja dengan sangat baik, seperti yang kita rasakan langsung di jalan raya yang sibuk," klaimnya.

Untuk mengatifkan fitur ProPILOT Assist, pengemudi hanya cukup menyentuh tombol yang terdapat di kemudi, lalu menyetel kecepatan yang diinginkan. Jika garis jalur terlihat, beberapa detik kemudian terdengar bunyi bip, mengingatkan fitur terebut telah aktif.

Demi alasan keamanan, Christensen berkata, sopir diwajibkan memegang kendali kemudi dan bisa menonaktifkan kapan saja. Cukup putar kemudi atau operasikan pedalnya, atau dengan mengaktifkan sinyal berpindah jalur.


(UDA)