Teknologi Otomotif

EcoBlue, Teknologi Diesel Anyar dari Ford

Ekawan Raharja    •    Senin, 25 Sep 2017 13:19 WIB
ford
EcoBlue, Teknologi Diesel Anyar dari Ford
1.5 EcoBlue di klaim sudah bisa digunakan untuk emisi gas buang berstandar EURO 6. Ford

Metrotvnews.com: Beberapa negara di bagian Eropa mungkin masih trauma menggunakan mesin diesel akibat diesel gate yang menimpa Volkswagen. Namun hal itu tidak dapat menghentikan Ford untuk menciptakan mesin diesel yang lebih efisien di bidang bahan bakar dan emisi gas buang.

Baru-baru ini pabrikan asal Amerika Serikat memberikan sedikit bocoran mengenai mesin diesel terbaru mereka yakni EcoBlue. Nantinya mesin berkubikasi 1.500 cc ini rencananya akan menggantikan mesin 2.200 cc Duratoq yang ada saat ini.

Autoevolution mengklaim bahwa mesin ini sudah dirancang agar sesuai dengan standar emisi gas buang EURO 6. Karbon dioksida yang dihasilkan juga lebih rendah 10 persen dibandingkan standar emisi gas buang EURO 5.

Seperti halnya dengan EcoBoost untuk mesin bensin, EcoBlue juga dilengkapi dengan teknologi turbo. Bahkan untuk komponen turbocharger dibuat dengan menggunakan bahan Inconel seperti yang digunakan di industri pesawat terbang. 

Kemungkinan besar mesin ini akan disematkan di Ecosport pada pertengahan 2018. Belum diketahui berapa besaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini, hanya saja dipastikan tenaganya mencapai 125 daya kuda.

For EcobBoost menjadi standar baru mesin bensin, kecil dan lebih efisien dengan tenaga yang mengejutkan. Hal ini menjadi obsesi dibalik pengembangan EcoBlue mesin diesel," terang Chairman and CEO Ford of Europe, Jim Farley.




(UDA)