Supercar

Ferrari LaFerrari Aperta Nan Eksotis

Ekawan Raharja    •    Kamis, 01 Jun 2017 19:17 WIB
ferrari
Ferrari LaFerrari Aperta Nan Eksotis
Ferrari LaFerrari Aperta kini sudah terjual habis, hanya tersisa 7 unit yang menjadi koleksi Ferrari di Italia. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Ferrari LaFerrari Aperta bisa dibilang salah satu mahakarya dunia otomotif. Pencapaiannya yang sedemikian rupa pantas membuatnya disandingkan dengan karya-karya besar lainnya.

Jika menilik melalui kacamata seni, mobil ini diciptakan dengan desain terbaik dan nilai fungsional yang paling efisien. Berbicara mengenai LaFerrari Aperta sebagai mobil, sudah tidak diragukan lagi kehebatan kuda jingkrak untuk merakit mobil.

Tim Metrotvnews.com berkesempatan untuk melihat lebih dekat LaFerrari Aperta. Terlebih mobil yang kami lihat ini merupakan LaFerrari Aperta edisi khusus untuk menyambut 70 tahun Ferrari di kancah otomotif dunia.

Berbeda dengan Ferrari yang biasanya dibalur dengan kelir merah, LaFerrari Aperta yang kita jumpai dibekali dengan kelir hitam. Namun di bagian tengahnya terdapat aksen merah yang mengesankan supercar ini siap melaju kencang.

Perlu diingat juga, hampir seluruh body mobil ini dibuat menggunakan bahan serat karbon. Bahkan di beberapa detail seperti spion dan spoiler dibuat dengan menggunakan bahan ringan tersebut.

Agresifitas desain Ferrari bisa dilihat dari bentuk fascia depan yang merunduk dengan garis runcing. Tak ketinggalan juga grill sangat besar untuk menerima angin dan menyalurkannya ke kisi-kisi udara yang ada di bagian samping mobil, sebelum akhirya dibuang ke belakang.

Kemudian di sektor kaki-kaki terdapat pelek berukuran besar yang dibalut dengan ban Pirelli P-Zero. Di depan mereka mengandalkan pelek 19 inci, dan di belakang dibekali pelek 20 inci. Kemudian di balik pelek tampak dengan jelas si Kuda Jingkrak ini mengandalkan pengereman carbon ceramic.

Bagian galak dengan garis desain yang masih lancip dan difusser untuk menstabilkan buangan angin dari depan. Sedangkan lampunya di buat kecil bulat minimalis.

Kemudian beralih ke bagian interior, desainnya terasa tidak jauh berbeda dengan interior 388 GTB yang pernah kami coba. Nuansa hitam dengan sentuhan merah masih masih tema utama.

Joknya sudah menggunakan jok racing khas Ferrari berbahan kulit dengan jahitan merah. Kemudian panel dashboard-nya dibuat memanjang minimalis berwarna hitam, dengan garis merah di tengahnya.

Ketika duduk di dalam, posisi duduknya terasa lebih rendah jika dibandingkan dengan 488 GTB. Perlu diperhatikan bagi orang-orang dengan perut buncit akan sedikit kurang nyaman duduk di dalamnya, karena posisi duduknya yang turun ke bawah dan membuat perut terasa tertekan.

Sayangnya kami tidak bisa mencoba LaFerrari Aperta di jalanan karena ini dibuat bukan untuk Indonesia. Posisi kemudinya masih di sebelah kiri, dan supercar yang kita jumpai ini adalah koleksi dari Ferrari untuk dipamerkan.

Salah satu yang membuat LaFerrari Aperta menjadi spesial adalah teknologi mesin yang digunakan. Kuda jingkrak satu ini menggunakan teknologi hybrid, mesin 6.300 cc V12 dan motor listrik yang disebut mampu menyemburkan tenaga 949 daya kuda dan torsi 700 Nm. Tenaga tersebut akan disalurkan ke ban belakang menggunakan transmisi 7-percepatan dual-clutch.

LaFerrari Aperta hanya diproduksi sebanyak 200 unit dan sudah laris terjual seluruhnya. Ferrari Jakarta juga memastikan bahwa mereka tidak mendapatkan jatah LaFerrari Aperta, sehingga kemungkinan besar tidak ada yang memiliki LaFerrari Aperta di Indonesia.

Namun melihatnya saja sudah sangat menyegarkan mata para penggila otomotif. Apalagi jika bisa memiliki si supercar yang ramah lingkungan ini.


(UDA)