Teknologi Otomotif

Begini Cara Kerja Mesin Tanpa Busi Milik Mazda

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 07 Aug 2017 16:29 WIB
mazda
Begini Cara Kerja Mesin Tanpa Busi Milik Mazda
Mazda terus kembangkan teknologi untuk mesin bensin mereka. Autoguide

Metrotvnews.com: Mesin tanpa busi? Tentu saja jika sebuah mobil itu justru bertenaga listrik atau gas. Tapi apa jadinya jika mesin dengan pembakaran dalam tanpa menggunakan busi?

Itulah yang dilakukan Mazda. Mereka mobil asal Jepang ini akan menghadirkan mesin dimaksud dalam gelaran Frankfurt Motor Show, bulan depan.

Mazda dikenal sebagai merek mobil yang kerap berinovasi, mulai dari pabrikan yang sukses dengan mesin rotari pada 1967, hingga mesin SkyActiv dengan rasio kompresi tinggi, irit bahan bakar dan tak perlu bahan bakar oktan tinggi.

Mesin tanpa busi itu disebut Homogeneous Charge Compression Ignition (HCCI), yang merupakan keluarga dari SkyActiv II. Seperti yang disebutkan, mesin ini tanpa busi untuk meletupkan campuran gas bakar dan udara.

Mazda menggantikan peran busi dengan kompresi untuk membakar campuran uap bahan bakar dan udara yang masuk ruang mesin. Ini seperti mesin diesel, tapi diterapkan di mesin bensin, dan disebutkan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kemunculan mesin ini pada bulan depan, akan diikuti sebuah mobil konsep pada gelaran Tokyo Motor Show. Mobil ini disebut sebagai generasi berikutnya dari Mazda3, seperti dituliskan Motoring.com.

Jika mesin ini sukses, ramalan Mazda terkait mesin pembakaran dalam yang masih punya masa depan ditengah maraknya kemunculan mobil listrik maupun hybrid, bisa jadi benar.


(UDA)