Teknologi Otomotif

Desain Radikal, Jim Clarke Rancang Turbo di Tiap Silinder Mesin

Ekawan Raharja    •    Rabu, 25 Oct 2017 14:05 WIB
teknologi otomotif
Desain Radikal, Jim Clarke Rancang Turbo di Tiap Silinder Mesin
Jim Clarke memiliki gagasan untuk memasang turbo di setiap silinder mobil. Carscoops

Metrotvnews.com: Saat ini sudah banyak mesin konvensional yang dibekali dengan komponen turbo untuk menghasilkan efisiensi tenaga dan bahan bakar. Lantas apa jadinya jika turbo yang digunakan tidak cuma satu?

Mantan perancang mesin Ford, Jim Clarke, memiliki ide unik yaitu memasang turbo di setiap silinder yang ada di mesin mobil. Jika mobil tersebut memiliki empat silinder, maka akan terpasang empat turbo di mesin tersebut.

Desainer untuk mesin Modular V8 dan Duratec V6 Ford ini menjelaskan kinerja silinder akan lebih cepat mengisi dibandingkan silinder biasa tanpa turbo. Efeknya torsi di mobil akan jauh meningkat, seperti dikutip dari Carscoops.

Pemasangannya bakal ditempatkan dekat dengan katup knalpot guna memberikan dorongan instan dari semburan tenaga turbo. Ia berpendapat jika penyematan turbo di setiap silinder ini berpotensi untuk menghilangkan turbo lag pada mesin dengan turbo.

Agar idenya tidak dicuri orang lain, Jim mengajukan hak panten untuk idenya tersebut. Dia juga menggandeng mantan presiden dari divisi mesin Navistar and Kohler yakni Dick Fotsch.

Jim mengakui juga hingga saat ini idenya tersebut masih sebatas teori, belum direalisasikan dalam bentuk mesin prototipe. Tetapi bukan tidak mungkin ide radikalnya tersebut diwujudkan mengingat statusnya sebagai mantan perancang mesin untuk Ford.


(UDA)