Mobil Listrik

Elon Musk Resmi Kenalkan Truk Listrik Tesla Semi

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 18 Nov 2017 09:06 WIB
mobil listriktesla
Elon Musk Resmi Kenalkan Truk Listrik Tesla Semi
Truk Listrik Tesla Semi resmi dikenalkan ke publik. Autoguide

Metrotvnews.com: Setelah riset sekian lama, akhirnya Elon Musk percaya diri memperkenalkan truk listrik pertamanya, yang diberi nama Tesla Semi, di California, Amerika Serikat (AS), Jumat (17/11/2017). 

Truk semi listrik garapan Tesla itu pun diklaim sarat berbagai teknologi inovatif. Salah satunya adanya fitur semi-otonom yang disebut 'Tesla's Enhanced Autopilot'. Selain itu ada juga fitur pengingat agar pengemudi bersitirahat setelah mengemudi selama 8 jam. 

Dilansir dari Autoguide, posisi mengemudi truk ini didesain berada di tengah dan diapit oleh dua layar digital Model 3, yang berfungsi untuk memberikan informasi aktual kepada pengemudi. 

Tesla mengklaim jika truknya sebagai salah satu kendaraan yang teraman di jalan, karena dilengkapi dengan berbagai sistem keselamatan, seperti sistem kontrol stabilitas yang mencegah jacknifing, kamera surround-view, automatic emergency braking, lane keep assist dan lane departure warning. 

Powertrain Tesla Semi didukung oleh four Model 3 motors (satu untuk setiap roda), yang dapat memberikan daya jangkau sejauh 500 mil atau sekitar 800 km, hanya dengan sekali pengisian. Sayangnya Tesla tidak mengungkapkan ukuran dan jenis baterai yang digunakan, sehinggan output dayanya tidak diketahui.

Tesla mengatakan, tanpa trailer terpasang, truk tersebut dapat melesat dari posisi diam ke 100 km per jam dalam 5 detik. Selain itu, pengisian baterai selama 30 menit dapat menjangkau jarak sejauh 400 mil atau sekitar 640 km.

Untuk mendukung ketersediaan sumber tenaga listrik, Tesla berencana membangun jaringan stasiun pengisian bertenaga surya yang disebut 'Megacharger'. Ini diklaim akan menjadi stasiun pengisian tercepat di seluruh dunia.

Federal Highway Administration melaporkan, bahwa Tesla Semi ini diklasifikasikan sebagai Class 8 heavy duty truck, yang memiliki kapasitas daya angkut 33,001+ lbs. Kelima roda yang terpasang, menandakan Tesla Semi sebagai truk berukuran besar, yang diklaim mampu menarik berbagai ukuran trailer hingga kapasitas penarik maksimum mencapai 80.000 lbs.

Musk mengklaim truk semi listriknya ini memiliki biaya perawatan yang lebih murah dibanding truk diesel. Tak hanya itu, penggunaan komponen Tesla Semi juga disebut lebih awet. Dicontohkan seperti penggunaan komponen rem yang sistem pengeremannya sudah dibantu oleh tenaga listrik.


(UDA)