Tips Safety Driving

Cara Pegang Kemudi yang Benar, Agar Aman Berkendara

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 29 Sep 2016 11:31 WIB
tips knowledge
Cara Pegang Kemudi yang Benar, Agar Aman Berkendara
Cara pegang setir yang benar posisi tangan berada di angka 9 dan 3. Youtube

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengemudi memang hal yang tak begitu sulit. Apalagi sekarang, jumlah pengendara kaum wanita sudah hampir sama banyak dengan kaum pria. Tapi belum tentu sebagian dari mereka tahu cara memegang kemudi yang baik dan benar. Ini sangat penting untuk mengetahui teknik yang benar, agar mobil bisa selalu dalam kendali dan aman saat Anda berkendara.

Hampir semua mobil saat ini telah dilengkapi dengan fitur keamanan airbag, khusus untuk bagian pengemudi, komponen itu berada di bagian tengah lingkar kemudi. Menurut Direktur SDCI Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, memegang setir yang benar adalah sejajar. Bila diibaratkan menggunakan angka pada jam, posisi tangan berada di angka 9 dan 3.

"Sejak 2011 posisi tangan di angka jam 10 dan 2 tidak boleh lagi, karena ada penelitian dan yang menyebutkan posisi tersebut ada di atas jantung, dan kalau berkendara lebih dari satu jam akan membuat aliran darah tidak lancar. Efeknya, kalau mengantisipasi sesuatu refleknya melambat," terang Sony di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, beri jarak sekitar 30 sentimeter antara kemudi dengan dada. Karena saat terjadi benturan, dalam waktu dua detik airbag akan mengembang dan berjarak antara 22-25 cm. Pastikan posisi tangan membentuk sudut karena bisa berfungi sebagai shockbreaker, untuk mencegah tangan patah/terluka.

Tetap utamakan berkendara yang aman, meski Anda mengetahui teknik berkendara secara benar, menjaga kecepatan dan selalau waspada juga penting. Karena penyebab kecelakaan tidak hanya terjadi dan berawal dari diri kita sendiri, tapi ada juga yang disebabkan faktor pengendara lain atau lingkungan sekitar Anda berkendara.


(UDA)