Fungsi Turbocharged

Keunggulan Mobil yang Dibekali Turbocharged

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 02 Oct 2018 09:44 WIB
tips knowledge
Keunggulan Mobil yang Dibekali Turbocharged
Tambah irit salah satu benefit penggunaan turbocharged pada mobil. QualityTurbos

Jakarta: Image penggunaan turbocharged pada mobil identik sebagai komponen untuk penambah tenaga mesin. Hal ini tidak salah, tapi ternyata ada benefit lainnya dari penggunaan turbo di mobil, terlebih untuk mobil penumpang maupun truk.

President PT Honeywell Indonesia, Alex Pollack, mengatakan kendaraan modern sekarang sudah banyak aplikasi turbocharged. "Dulu turbocharged identik dengan mesin diesel, sekarang banyak mesin bensin yang pakai," jelas Alex kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain tenaga mesin bertambah, benefit yang didapatkan dengan penggunaan turbocharged adalah penghematan bahan bakar, emisi sisa pembakaran juga disebut lebih rendah hingga dimensi mesin yang lebih ringkas namun tetap bertenaga besar.

"Sebagai contoh untuk mesin 3.000 cc enam silinder mendapatkan 240 daya kuda, dengan tambahan turbocharged kapasitas mesin cukup 2.000cc dan empat silinder. Tenaga sama besar tapi torsi 30 persen lebih tinggi, lebih efisien 25 persen dan kadar CO2 turun 20 persen," lanjut Alex.

Alex sedikit penyinggung mobil soal keiritan low cost green car (LCGC) yang dianggapnya percuma. "LCGC harga murah mesin kecil, tapi emisi dan konsumsi bahan bakar tak begitu bagus, teknologinya rendah," katanya.

Salah satu produk yang dihasilkan Honeywell adalah turbocharged dengan merek Garreth. Merek ini sudah cukup ternama dengan pasar OEM sebesar 85 persen dan aftermarket 15 persen, serta penggunaan pada mobil penumpang mencapai 80 peesen dan komersial 20 persen.


(UDA)