Mobil Baru

Bugatti Divo, Penerus Chiron dengan Downforce Terbaik

Ekawan Raharja    •    Senin, 27 Aug 2018 07:49 WIB
mobil baru
Bugatti Divo, Penerus Chiron dengan <i>Downforce</i> Terbaik
Bugatti Divo dipasarkan dengan harga EUR5 juta. Bugatti

Prancis: Bugatti akhirnya memperkenalkan model terbarunya yakni Divo. Hypercar satu ini tentu saja lebih ganas dari pendahulunya Chiron yang sudah laris manis terjual.

Jike malihat garis desainnya, Divo tidak jauh berbeda dengan Chiron. Namun untuk urusan aerodinamika, Divo diklaim lebih baik dan memberikan kesan yang lebih futuristik dibandingkan Chiron.

"Ketika saya mengambil alih posisi di Bugatti awal tahu, saya mengetahui bahwa pelanggan dan penggemar kamu menunggu mobil khusus yang menjadi kisah selanjutnya Bugatti selain Chiron. Tim Bugatti juga sangat bersemangat untuk melaksanakan proyek ini," ujar President of Bugatti Automobiles S.A.S, Stephan Winkelmann, dikutip dari laman resmi Bugatti.

Di bagian depan, Divo memiliki air intake berukuran besar dan spoiler lebar. Hal ini dilakukan untuk membantu mendinginkan mesin, serta meningkatkan daya tekan (downforce).

Khusus untuk sektor pendinginan mendapatkan perhatian lebih dengan lubang di sisi samping, tepatnya berasal dari aliran udara di area tekanan tinggi di atas bumper depan, yang meliputi dua inlet pada sayap depan, satu inlet di radiator dan diffuser di depan ban.

Perbedaan lainnya antara Divo dengan Chiron adalah desain lampu utamanya dan diffuser besar yang sengaja dirancang untuk mengakomodasi empat knalpot. Tim desainer juga menempatkan aerodynamic side skirts, sebuah sirip di tengah dan spoiler baru, yang juga berfungsi sebagai penunjang stabilitas.

Jika ditotal, gaya tekan yang dimiliki Divo lebih berat 90 kilogram dibandingkan Chiron. Hal ini untuk memastikan mobil tetap stabil jika melesat dengan kecepatan tinggi.

Di jantung pacunya masih mengandalkan  quad-turbocharged 8.0-liter W16 yang menghasilkan tenaga 1.479 daya kuda. Sayangnya untuk kecepatan maksimalnya dibatasi oleh Bugatti hanya 380 kilometer per jam.

Bagi yang tertarik dengan hypercar satu ini, bisa segera memboyongnya dengan mahar EUR5 juta atau sekitar Rp84,7 miliar. Mengingat Divo diproduksi terbatas, hanya 40 unit saja


(UDA)