Pameran Otomotif

Gaikindo Bantah Pengunjung GIIAS 2018 Menurun

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 13 Aug 2018 07:56 WIB
pameran otomotif
Gaikindo Bantah Pengunjung GIIAS 2018 Menurun
Pengunjung pameran GIIAS 2018 diklaim lebih merata. Dok. GIIAS

BSD City: Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 tahun ini terasa lebih lengang. Jika pada tahun-tahun sebelumnya untuk jalan kaki saja tidak leluasa, maka tahun ini berbeda, khususnya saat akhir pekan.

Meski begitu pihak penyelenggara membantah jika pengunjung pameran menurun. Mereka berdalih jika pengunjung pameran tahun ini lebih merata, tidak membludak saat akhir pekan saja, hal ini yang memberi kesan lebih sepi.

"Target pemerataan pengunjung pada weekday dan weekend yang kami canangkan berhasil, tercatat penurunan angka pengunjung pada weekend, namun weekday kami mencatat kenaikan sebanyak 15-20 persen, tersebar disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2018, untuk Gaikindo hal tersebut sangat membahagiakan," Ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Namun di satu sisi, peserta pameran dari aftermarket mengeluhkan hal tersebut. Sepinya pengunjung akhir pekan, berimbas terhadap penjualan mereka, seperti diungkapkan Marketing Director PT Audioworkshop, Johnson Nagawan.

Menurut Johnson, penjualan tahun ini turun hingga 20 persen sampai hari kedelapan pameran. "Mungkin dengan harga tiket yang naik, membuat orang mikir untuk melihat pameran otomotif," ujarnya di ICE, BSD City (9/8/2018) lalu.

Dengan demikian, pihak penyelenggara harus menemukan formulasi yang pas agar para peserta pameran, khususnya peserta dari bagian aftermarket bisa kembali menangguk untung, apalagi biaya sewa lahan pameran terbilang mahal.


(UDA)