Teknologi Otomotif

IIHS Klaim Fitur ini Bisa Selamatkan Nyawa

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 24 Aug 2017 14:37 WIB
teknologi otomotif
IIHS Klaim Fitur ini Bisa Selamatkan Nyawa
Resiko tabrakan frontal bisa dikurangi dengan fitur ini. Autoblog

Metrotvnews.com: Sistem perangkat keselamatan di mobil terus berevolusi dan semakin baik. Meski tak bisa mengalahkan takdir, fitur-fitur ini setidaknya mampu meminimalkan risiko kehilangan nyawa saat mobil yang digunakan terlibat tabrakan.

Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengatakan, salah satu fitur penting yang bisa menyelamatkan nyawa adalah Lande Departure Warning (LDW). Piranti ini efektif menghindari tabrakan frontal.

Di Amerika Serikat, LDW mengurangi kecelakaan tabrak depan hingga 18 persen, dan mampu mengurangi tingkat cidera hingga 24 persen. Hasil ini bukan klaim semata, karena merupakan hasil riset internal IIHS.

Diluar itu, hasil studi yang dilakukan Volvo menunjukkan 53 persen cidera berhasil dikurangi di Swedia berkat fitur ini. Fitur ini mampu menjaga mobil tetap pada jalurnya saat pengemudi tertidur sesaat (micro sleep), beberapa mobil juga dilengkapi dengan alarm untuk membuat pengemudi kembali fokus.

Sejumlah mobil papan atas di Indonesia sudah dilengkapi dengan fitur ini. Yang terbaru ada All New Mazda CX-5, yang bisa menjaga mobil tetap pada jalurnya dan dilengkapi dengan alarm sebagai peringatan.

Selain LDW, fitur-fitur keselamatan lain yang mampu mengurangi kecelakaan adalah Blind-Spot Detection, Automatic Braking dan Rearview Camera. Semuanya berdasarkan studi IIHS.


(UDA)