Industri Otomotif

Amerika Siap Bangun Lima Pabrik Otomotif Baru

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 01 Oct 2017 11:57 WIB
industri otomotif
Amerika Siap Bangun Lima Pabrik Otomotif Baru
Kebijakan Trump untuk menyelamatkan industri otomotif AS. Carcoops

Metrotvnews.com: Sejak pertamakali terpilih Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) Donald Trump, akan memberlakukan 'pajak perbatasan besar'. Kebijakan ini berlaku untuk perusahaan-perusahaan yang memindahkan produksinya ke luar negeri dan menjual kembali barang-barangnya ke AS.

Aturan yang juga berlaku untuk perusahaan yang bergerak di industri otomotif, nampaknya mulai menunjukkan hasil. Hal itu disampaikan langsung oleh Trump setelah dirinya mendapat bocoran dari salah satu pemimpin dunia, ketika menghadiri pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBBP), pekan lalu. 

"Saya diberitahu oleh salah satu pemimpin dunia paling kuat, dalam waktu yang tidak terlalu lama mereka akan mengumumkan lima pabrik besar baru yang akan dibangun di Amerika Serikat," kata Trump, seperti dikutip Carscoops.

Hingga saat ini Trump tetap tidak menyebutkan pabrikan mana saja yang bakal membangun pabrik baru di negara AS. "Anda akan segera mengetahuinya. Saya berjanji tidak akan mengatakan siapa. Saya akan menepati janji.

Spekulasi pun bermunculan, diantaranya Toyota dan Mazda menjadi dua pabrikan besar yang memastikan bakal melakukan ekspansi dengan mendirikan pabrik perakitan senilai USD1,6 miliar, dan dijadwalkan beroperasi pada 2021.

Selain itu Volvo juga disebut bakal menggelontrokan dana sebesar USD1 miliar untuk memperluas pabriknya di South Carolina. Termasuk Daimler yang juga telah menyiapkan dana USD1 miliar untuk membangun pabrik kendaraan listrik di Alabama.


(UDA)