Industri Otomotif

Mengenal Pabrikan Mobil Tiongkok Wuling Motors

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 12 Jul 2017 12:36 WIB
wuling motors
Mengenal Pabrikan Mobil Tiongkok Wuling Motors
PT SGMW Motor Indonesia merupakan patungan antara SAIC, GM Tiongkok dan Guangxi Automobile Grup. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembangunan pabrik Wuling Motors, yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, resmi beroperasi kemarin, Selasa (11//2017). Investasi Wuling Motors ini merupakan bagian dari ekspansi gobal SAIC-GM-Wuling Automobil Co., Ltd yang berbasis di Tiongkok.

Menurut pembuat mobil asal Tirai Bambu, pengembangan proyek di Indonesia merupakan kesempatan untuk membangun operasi strategis, tidak haya untuk pasar Indonesia, namun juga untuk membangun basis ekspor untuk pasar Asia Tenggara.

PT SGMW Motor Indonesia merupakan anak perusuhaan SMGW, perusahaan patungan antara SAIC, perusahaan otomotif terbesar di Tiongkok dengan 50,1 persen saham, General Motor Tiongkok dengan 44 persen saham dan Guangxi Automobile Grup (Wuling) dengan 5,9 persen saham.

"Pembangunan pabrik pertama Wuling Motors di luar Tiongkok menunjukkan komitmen kuat dan jangka panjang kami untuk memasuki pasar Indonesia," ucap Presiden SMGW Motor Indonesia, Xu Feiyun, di acara peresmian pabrik, di Cikarang, Jawa Barat.

Pembangunan pabrik Wuling Motor Indonesia yang dibangun di luas lahan 60 hektar, disebut menelan investasi sebesar USD700 juta atau sekitar Rp7 trilun lebih. Dari total area 60 hektar, terdiri dari 2 fasilitas, yaitu 30 hektar untuk pabrik manufaktur dan 30 hektar untuk supplier park.

Pabrik Wuling Motors juga dilengkapi dengan fasilitas produksi dengan peralatan berstandar global dan teknologi canggih. Fasilitas tersebut adalah, Press Shop, Body Shop, Paint Shop dan General Assembly,  serta mempekerjakan sekitar 3.000 orang pekerja lokal.


(UDA)