Teknologi Otomotif

Bel Cerdas Pesepeda Agar Terdengar Pengendara Mobil

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 31 May 2017 14:29 WIB
lalu lintas
Bel Cerdas Pesepeda Agar Terdengar Pengendara Mobil
AXA Smart Bell mampu infokan kehadiran pesepeda sekaligus sebagai lampu belakang. Autoevolution

Metrotvnews.com: Mengendarai sepeda di jalanan umum yang juga digunakan oleh kendaraan bermotor lain, terbilang berisiko tinggi. Kasus terakhir adalah meninggalnya Nicky Hayden karena tertabrak mobil saat bersepeda di jalanan umum.

Keberadaan pesepeda yang kerap tak terlihat oleh pengemudi mobil, memang mengundang bahaya. Mereka hanya memiliki bel untuk memberi tahu keberadaannya, padahal kabin mobil pun agak kedap suara.

Kini ada teknologi baru yang dikembangkan oleh perusahaan asuransi AXA yakni AXA Smart Bell. Alat ini akan mendeteksi suara bel sepeda yang dibunyikan, dan memancarkan sinyal kepada radio mobil didekatnya.

Suara bel itu akan terdengar di kabin mobil, saat pengemudi mendengarkan musik. Alat yang dipasangkan di bawah sadel sepeda ini juga mampu menjadi lampu belakang. 

Namun ide ini justru dianggap aneh, karena mengganggu privasi pengendara mobil. Selain suara bel tak ada lagi yang mampu diinformasikan. Jika bel terdengar dari radio mobil, pengemudi tetap harus mencari tahu posisi pesepeda. 

Rasanya AXA harus mengembangkan alat ini lebih lanjut, sebelum bisa digunakan secara bebas.


(UDA)