Industri Otomotif

Mengenal Eiichi Koito, Wajah Baru Nissan di Indonesia

Ahmad Garuda    •    Senin, 29 May 2017 11:08 WIB
mitsubishinissan
Mengenal Eiichi Koito, Wajah Baru Nissan di Indonesia
Presiden Direktur baru Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito, ingin perkuat strategi aftersales di Indonesia. NMI

Metrotvnews.com, Jakarta: Perubahan besar yang dilakukan Nissan dalam manajemen mereka, membawa sebuah harapan besar untuk perkembangan sisi bisnis merek asal Jepang itu di pasar nasional. Pastinya takkan mudah, apalagi manajeman baru yang disusun merek itu di pasar nasional, mengalami perubahan besar.

Tahun lalu, perubahan yang dilakukan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga cukup besar ketika melibatkan Antonio Zara (Toti) sebagai pemegang kendali perusahaan itu. Tapi aliansi besar NIssan-Mitsubishi pasca diambil-alihnya saham terbesar Mitsubishi di Jepang, membuat efek bola pantul terhadap strategi pasar global Nissan. Termasuk di Indonesia.

Kali ini Eiichi Koito yang sebelumnya dikenal sebagai bapak Pajero Sport di Indonesia saat masih jadi bagian Mitsubishi di Indonesia, pun didaulat jadi pemegang posisi tertinggi di NMI. Lalu seperti apa strategi strategi yang dipaparkan Koito untuk pasar nasional, Ia menitikberatkan di sisi aftersales dan bukan hanya perkuat di produk semata.

Saat ditemui tim Metrotvnews.com, Ia menegaskan bahwa akan fokus terhadap pengembangan, pembangunan dan pemasaran merek itu di Indonesia. Ia sangat percaya bahwa perubahan adalah kekuatan terbesar untuk menjadi kompetitif. Kemudian juga kebutuhan untuk terus maju. Perubahan saja tak cukup, namun juga kecepatan hingga sadar dengan kondisi yang ada.

"Negara ini adalah pasarnya MPV, mungkin tren ini takkan berubah dalam waktu dekat. Di sisi lain, segmen SUV meningkat cukup signifikan, karena fungsional dan adaptif di segala kondisi jalan. Kemudian segmen LCGC juga bakal terus berkembang. Dan pada saat bersamaan, konsumen di Indonesia sangat menikmati pengembangan teknologi yang mempermudah mereka berkendara dan menikmati perjalanan," klaim Koito.

Koito juga sangat meyakini bahwa tiga brand yang berada di bawah Nissan Indonesia yaitu Nissan, Datsun dan Infiniti, bisa memainkan peran masing-masing di segmen yang mereka tuju. Jadi akan ada perubahan strategi besar-besaran untuk memenuhi pasar nasional. Kita tunggu!


(UDA)