Belanja Iklan Otomotif (Bag. 2)

Dana Iklan TV Wuling Capai Rp36 Miliar di Agustus

Ahmad Garuda    •    Jumat, 22 Sep 2017 18:36 WIB
industri otomotif
Dana Iklan TV Wuling Capai Rp36 Miliar di Agustus
Wuling Motors adalah APM dengan dana terbesar untuk iklan televisi di Agustus 2017. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran Wuling Motors sebagai agen pemegang merek (APM) dengan nilai investasi triliunan rupiah, diikuti langkah periklanan yang cukup agresif. Peluncuran produk perdana mereka di Indonesia yaitu Confero, membuat mereka cukup mudah membelanjakan duit mereka untuk iklan TV Commercial.

Berdasarkan data yang Metrotvnews.com himpun dari hasil monitoring iklan televisi (TVC) Adstensity milik PT SIGI Kaca Pariwara, bahwa total belanja iklan industri mobil di Agustus 2017 mencapai Rp111,49 miliar. Angkanya naik 22,95% dibanding Agustus tahun lalu yang belanja iklannya Rp90,67 miliar.

Uniknya, Wuling menjadi APM dengan budget terbesar untuk TVC Agustus. Adstensity menyebutkan bahwa total belanja iklan Wuling Motors mencapai Rp36,63 miliar. Di tempat kedua diduduki Mitsubshi dengan dana belanja iklan sebesar Rp25,21 milliar.

Secara logis, memang cukup masuk akal. Mengingat Wuling dan Mitsubishi sama-sama meluncurkan produk terbarunya di segmen terbesar penjualan mobil nasional, yaitu small MPV.

Kemudian Nissan menyusul di urutan ketiga dengan dana belanja iklan sebesar Rp19,14 miliar. Meski sudah vakum meluncurkan produk baru sejak tahun lalu, namun Nissan membuktikan bahwa mereka punya strategi yang besar dalam hal aktifitas periklanan di televisi.

Posisi berikutnya diisi Suzuki mobil dan Honda mobil yang masing-masing menempati urutan ke-4 dan ke-5. Mereka mengeluarkan dana untuk beriklan masing-masing sebesar Rp14,65 milliar dan Rp14,45 miliar. Sementara Chevrolet paling sedikit mengeluarkan dana belanja iklan televisi sebesar Rp1,41 miliar.

Sementara pada periode yang sama tahun lalu, tercatat ada 9 brand industri mobil yang beriklan di televisi. Toyota tercatat paling banyak mengeluarkan dana belanja iklan yang mencapai Rp46,6 miliar. Namun pada Agustus 2017, Toyota sama sekali tidak beriklan di televisi. Mazda, Datsun dan Daihatsu juga sama sekali tidak beriklan pada Agustus 2017.

Dilihat dari alokasi jumlah iklan pada Agustus 2017, juga berbanding lurus dengan dana yang dikeluarkan untuk beriklan di televisi. Jumlah kemunculan iklan Wuling Motors berada paling atas dengan 1.103 kali muncul. Di urutan ke-2 dan ke-3 ada Mitsubishi dan Nissan dengan frekuensi iklan mencapai 885 titik dan 808 titik.

Selanjutnya Suzuki mobil dengan 596 kali muncul dan Honda mobil) dengan 459 titik iklan. Chevrolet menempati paling sedikit kemunculannya dengan 63 titik iklan.

*Grafis diambil dari Adstensity


(UDA)