Teknologi Otomotif

Kyoto University dan Denso, Riset Mobil dari Kayu

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 26 Aug 2017 13:00 WIB
teknologi otomotif
Kyoto University dan Denso, Riset Mobil dari Kayu
Mobil di masa depan bisa saja terbuat dari bahan kayu.

Metrotvnews.com: Mobil-mobil saat ini dibuat dengan mayoritas bahan logam. Tetapi di masa depan, bisa saja mobil-mobil yang melintas di jalanan akan terbuat dari bahan mayoritas kayu.

Namun jangan berfikir bahwa mobil-mobil tersebut akan didominasi oleh warna coklat kayu dan panel-panelnya tersusun dari lembaran kayu. Kayu yang dimaksud di sini akan di olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan bahan yang dinamakan selulosa nanofiber.

Menurut Motortrend, bahan ini diklaim lebih ringan dari logam dan lebih kuat lima kali lipat. Sehingga diharapkan keberadaan bahan ini bisa menggantikan logam sebagai bahan utama membuat mobil.

Saat ini Kyoto University di Jepang bersama Denso terus melakukan riset untuk mengembangkan selulosa nanofiber. Nantinya selulosa nanofiber akan dicampurkan dengan plastik untuk membuat berbagai komponen mobil, dan menggantikan logam.

Kyoto University membuat selulosa nanofiber dengan menggunakan teknik Proses Kyoto. Teknik ini merupakan pengolahan serat kayu yang dilakukan secara kimiawi. Nantinya zat kimia tersebut akan menghancurkan serat kayu dan hingga nantinya menjadi nanofiber.

Penggunaan teknik Proses Kyoto juga di klaim lebih efisien untuk produksi selulosa nanofiber. Bahkan mereka menilai efisiensi meningkat hingga lima kali lipat, karena lebih sederhana dan lebih cepat prosesnya.

Belum diketahui dengan pasti kapan bahan ini bisa digunakan untuk membuat mobil. Tetapi Kyoto University berencana untuk mencoba membuat sebuah mobil prototipe dengan bahan selulosa nanofiber pada 2020.


(UDA)