Mobil Baru

X-Class, 'Tes Ombak' ala Mercedes

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 23 Jul 2017 07:27 WIB
mercedes-benz
X-Class, 'Tes Ombak' ala Mercedes
D-cab X-Class tidak akan dipasarkan di Amerika dan Tiongkok yang merupakan pasar tebesar Mercedes. Daimler AG

Metrotvnews.com: Suksesnya model SUV di pasar diyakini 'menular' ke segmen pick-up menengah double cabin (d-cab). Pangsa pasar globalnya diperkirakan meningkat hingga lebih dari 40 persen dalam 10 tahun ke depan dan memunculkan permintaan segmen baru, d-cab mewah.

Daimler tidak mau tertinggal dan kehabisan 'kue' d-cab. Akhir pekan lalu mereka meluncurkan varian pertama dari X-Class. Sebuah d-cab dengan interior mewah dan bertabur fitur canggih khas Mercedes-Benz.  

"Dengan X-Class, kami akan membuka segmen pelanggan baru," kata CEO Daimler, Dieter Zetsche mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Bloomberg.



Masalahnya walau sukses dengan SUV G-Class yang melegenda, segmen d-cab sama sekali belum pernah dimasuki produsen mobil mewah asal Jerman ini. Terlebih sejarah pick-up mewah juga memiliki sedikit catatan keberhasilan, seperti yang gagalnya General Motors Co dan Ford melanjutkan proyek Cadillac Escalade EXT dan Lincoln Blackwood.

Maka Daimler pun menghemat anggaran riset terlebih mereka sedang dililit masalah keuangan gara-gara recall massal kasus emisi diesel. Solusinya mereka menggaet aliansi Nissan-Renault untuk mencoba peruntungan memasarkan d-cab mewah. Jadi generasi pertama X-Class akan menggunakan rancang bangun Nissan Navara NP3000.

baca juga: Bila Mercedes Membuat Pick-up

Mercedes X-Class akan dipasarkan mulai 2018 di Eropa, Asia Pasifik, Afrika dan Amerika Selatan. Sebagai pendatang baru, Mercedes belum yakin X-Class mampu bersaing di Amerika Utara yang merupakan pasar terbesar d-cab. Produsen lokal terlalu kuat di segmen tersebut dan masuknya X-Clas ditakutkan membuat konsumen 'bingung' terhadap citra Mercedes-Benz yang sudah mapan di sana.

"Kita juga tidak menargetkan penjualan di Tiongkok karena pick-up dan d-cab di sana adalah workhorses. Sedangkan segmen X-Class adalah keluarga aktif dan outdoor lifestyle," papar  Volker Mornhinweg, kepala unit van Mercedes yang ditunjuk memimpin proyek X-Class.



Dimensi d-cab X-Class mirip dengan Nissan Navara NP3000, panjangnya 5,34 meter dan lebar 1,92 meter. Jarak antara sumbu roda depan dan belakang 3,15 meter dan memiliki ground clearance 30 centimeter dengan daya angkut maksimal 1 ton.

Sejauh ini Audi dan BMW belum mengumumkan akan turut meramaikan segmen d-cab. Dua pesaing bebuyutan Mercedes-Benz ini fokus ke segmen full-size sedan dan SUV mewah yang merupakan spesialisasinya. Maka pesaing X-Class -meski tidak sepenuhnya sepadan- adalah Ford Raptor, Chevrolet Colorado dan Honda Ridgeline.

 


(LHE)