Tips Mudik Aman

Maksimalkan Fitur Kenyamanan Mobil saat Perjalanan Jauh

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 24 Jun 2017 20:43 WIB
tips mudik
Maksimalkan Fitur Kenyamanan Mobil saat Perjalanan Jauh
Menikmati perjalanan mudik dengan mengoptimalkan fitur kenyamanan mobil. MYVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menempuh perjalanan panjang menuju kampung halaman saat mudik menggunakan mobil pribadi tentu membuat Anda lelah. Penyebabnya banyak hal, mulai dari kemacetan, stamina yang terkuras hingga posisi duduk yang kurang pas.

Untuk memberikan kenyamanan berkendara sepanjang perjalanan mudik, Anda dapat memanfaatkan atau mengoptimalkan beberapa fitur standar yang biasanya sudah terpasang di mobil, sehingga Anda dapat menikmati perjalanan dengan perasaan yang gembira.

"Umumnya mobil keluaran terbaru telah dilengkapi beberapa fitur kenyamanan yang memang dipasang untuk menjadikan Anda dapat menikmati perjalanan. Terkadang sebagian orang lupa dan tidak mengoptimalkan fungsi utamanya," papar instruktur safety dari Safety Institute Indonesia, Dhany Ekasaputra, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Air Conditioning
Fitur penyejuk kabin atau AC menjadi salah satu fitur terpenting untuk memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan jauh. Namun pastikan penggunaannya pada suhu yang tepat, sehingga kondisi tubuh selalu prima dan tidak mudah lelah.

Sesekali atur tombol pengaturan sirkulasi udara atau membuka jendela setiap 2 jam sekali untuk memasukkan udara segar ke dalam kabin. Selanjutnya gunakan fungsi tombol aliran udara AC menuju bagian bawah kabin untuk menyejukkan kaki Anda. Kaki yang lelah akibat macet dapat kembali relaks terbantu dari aliran udara di sekitar kaki Anda.

Sistem Entertainment
Fitur hiburan ini tidak bisa dianggap sepele, karena bisa mendukung kenyamanan sepanjang perjalanan. Sistem audio setiap mobil mmemang berbeda-beda, tapi setidaknya sistem standar audio memiliki radio untuk mendengarkan musik atau informasi lalu-lintas terkini.

Jika head unit/sistem audio telah dilengkapi dengan port USB, bluetooth, navigasi dan video juga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai hiburan. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai mengganggu konsentrasi pengemudi selama berkendara.

Posisi Duduk
Posisi tempat duduk yang nyaman menjadi penentu daya tahan pengemudi selama perjalanan jauh, terutama bagi pengemudi. Atur posisi jarak kaki dengan pedal, serta tangan ke stir yang nyaman, sehingga mendapatkan posisi yang ergonomis, dimana tangan, badan dan kaki tepat untuk melakukan gerakan saat bermanuver. Disarankan juga untuk mengatur sandaran sedikit lebih tegak sehingga tangan membentuk sedikit sudut, agar lebih relaks.

Untuk penumpang, atur posisi duduk yang paling terasa nyaman dengan postur tubuh. Jangan atur sandaran terlalu tegak agar tidak mudah lelah, dan pengaturan posisi jok jangan sampai menyita ruang kaki penumpang yang di belakang Anda. Sisakan ruang, agar kaki penumpang belakang dapat sedikit diluruskan.

Tidak ada salahnya membawa bantal kecil untuk membuat posisi duduk Anda lebih nyaman, dengan menaruhnya di belakang punggung misalnya, atau untuk dipeluk. Bagi pengguna mobil jenis MPV dapat menempatkan anak-anak dapat di jok baris ketiga, karena postur mereka yang kecil dapat menyesuaikan ruang kaki yang tidak lapang.

Jangan lupa gunakan sabuk keselamatan di manapun Anda duduk, semoga perjalananan Anda menjadi lebih menyenangkan, selamat sampai tujuan dan dapat berkumpul bersama keluarga tercinta di hari lebaran.


(UDA)