Los Angeles Auto Show 2017

Aria FXE, Hypercar Hybrid dari Paman Sam

Ekawan Raharja    •    Minggu, 03 Dec 2017 16:16 WIB
pameran otomotif
Aria FXE, Hypercar Hybrid dari Paman Sam
Aria FXE muncul perdana di Los Angeles Auto Show 2017. Aria

Los Angeles: Di dunia ini banyak sekali pabrikan otomotif yang bisa dibilang tidak memiliki skala produksi yang besar. Tetapi bukan berarti mereka tidak bisa menciptakan mobil yang canggih dan kencang. Tengok saja beberapa pabrikan yang memang tak tenar, seperti Aria.

Aria merupakan produsen spesialis mobil-mobil konsep dan edisi terbatas. Di Los Angeles Auto Show 2017, mereka menghadirkan produk terbarunya yakni Aria FXE.

Menurut Foxnews, mobil ini dihadirkan sebagai bentuk perayaan 21 tahun eksistensi Aria. Sehingga mereka ingin hadirkan sesuatu yang baru, yakni teknologi hybrid di karya terbaru mereka.

Carscoops mencatat bahwa mobil ini ditawarkan dengan konfigurasi konvensional dan juga hybrid. Mobil berkonfigurasi konvensional, dibekali deengan mesin 6.200 V8 yang tak disebutkan berapa besaran tenaganya. Hanya saja tenaga tersebut dipastikan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 7-percepatan dual-clutch.

Kemudian jika memilih konfigurasi hybrid, masih menggunakan mesin yang sama untuk menggerakan roda belakang dan ditambah sepasang motor listrik untuk roda depan. Kombinasi mesin konvensional dan motor listrik ini sanggup hentakan tenaga 1.150 daya kuda dan torsi 1.784 Nm.

Aria mengklaim kalau hypercar ini sanggup berakselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) dalam tempo 2,7 detik. Sedangkan kecepatan maksimalnya tembus 337 kpj.

Salah satu rahasia FXE bisa melesat kencang adalah penggunaan sasis monokok berbahan serat karbon. Kemudian ditunjang juga oleh beberapa panel yang dibuat dari serat karbon dan juga titanium.

Melihat desainnya juga akan sedikit banyak dengan Corvette yang di desain Ed Tylor. Sang anak, Charles Taylor, kemudian melakukan pengembangan dan menjadikannya mobil konsep untuk Aria.

Aria belum mengumumkan berapa banderol untuk FXE. Hanya saja diberitahu mobil kencang ini hanya akan diproduksi 400 unit saja.


(UDA)