Mobil Konsep

Hyundai Siap Riset Supercar Ramah Lingkungan

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 11 Jan 2018 08:13 WIB
mobil konsep
Hyundai Siap Riset Supercar Ramah Lingkungan
Hyundai sedang meriset mobil sport baru. Autoguide

Korea Selatan: Menyusul penggarapan Hyundai N performance sub-brand yang sudah masuk tahap awal, Hyundai membocorkan rencana besar mereka yang lain. Yaitu ingin membuat mobil sport atau supercar ramah lingkungan dalam beberapa tahun ke depan. 

Menurut Autoguide, dalam mengembangkan mobil sport-nya Hyundai bakal mematok standar yang tinggi, yaitu dengan memasang teknologi dan keunggulan yang diterapkan di supercar Porsche 911 dan Lamborghini Huracan. Riset mobil sport dari brand asal Korea itu, rencananya dilakukan di Namyang development center, Korea Selatan.

Rencana besar itu diklaim bukan isapan jempol belaka. Hyundai kini punya mantan kepala Divisi BMW, M Albert Biermann yang memimpin N performance sub-brand, dan Chief Designer, Luc Donckerwolke. Luc merupakan mantan kepala desain di Lamborghini yang membuat Diablo, Murcielago dan Gallardo, disebut berperan penting dalam project ini.

Ketika ditanya Carscoops tentang proyek mobil sport-nya, Donckerwolke dan tim desainnya mengatakan, bahwa memang ada sesuatu yang dikerjakan oleh Hyundai untuk menciptakan model barunya. 

Vice President for Research and Development, Yang Woong Chul menambahkan, bahwa tim desainnya saat ini sedang mengerjakan project baru tersebut. "jauh di depan dan saya tidak bisa melakukan lebih dari itu tanpa dukungan mereka." 

Meski Yang Woong Chul tidak menyebutkan tentang rincian mobil, namun kemungkinan besar mobil sport Hyundai bakal berkapasitas dua penumpang, dan didukung oleh plug-in hybrid powertrain.

"Kami tidak bisa mengatakan hanya akan tersedia sistem hibrida, kami juga akan menggunakan beberapa motor listrik dan baterai untuk performa tinggi. Kemudian, dalam banyak hal - tidak hanya untuk efisiensi, tapi juga untuk kinerja sangat dapat dioptimalkan dengan menggunakan kedua powertrains," katanya.

Namun petinggi Hyundai itu belum bisa memastikan apakah nantinya mobil sportnya akan dilabeli dengan merek Hyundai atau menjadi produk mandiri untuk N performance sub-brand. "Itu belum diputuskan, tapi orang-orang yang sedang mengerjakan N akan memutuskannya nanti.


(UDA)