Industri Otomotif

Sokonindo Automobile, Mobil Tiongkok Bicara Kualitas

Ahmad Garuda    •    Rabu, 29 Nov 2017 08:13 WIB
sokonindo automobile
Sokonindo Automobile, Mobil Tiongkok Bicara Kualitas
Sokonindo Automobile tak ingin main-main dengan kualitas produknya.. MTVN/Ahmad Garuda

Banten: Pabrikan otomotif asal Tiongkok yaitu Dongfeng Sokon yang menamakan diri dengan Sokonindo Automobiles di Indonesia, bakal fokus di segmen sport utility vehicle (SUV) dan pick up kecil. Komitmen tersebut mereka tegaskan dalam acara peresmian pabrik barunya di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang-Banten pada Selasa (28/11/2017).

Dalam pernyataan resminya, Co-CEO PT Sokonindo Automobiles, Alexander Barus mengatakan bahwa mereka tak ingin bermain-main dengan kualitas. Makanya mereka menguatkan sisi kualitas produk yang mereka pasarkan di semua negara.

"Kami tak ingin bermain-main dengan kualitas, karena persepsi orang tentang mobil Tiongkok masih buruk. Untuk membalikkan fakta ini tidak mudah, makanya performa pabrik kami buat dengan teknologi robotik yang fleksibel," klaim Alexander Barus.

Alex melanjutkan bahwa keistimewaan yang dibawa oleh Sokonindo Automobiles untuk pasar Indonesia adalah dengan menjadikan basis mobil Dongfeng Sokon setir kanan di dunia. Tak heran jika pria berambut putih itu sangat yakin akan performanya bisa sangat baik di pasar otomotif dunia, termasuk Indonesia.

"Ini adalah pabrik mobil Sokon pertama yang memproduksi mobil setir kanan. Kami tak memiliki pabrik setir kanan di mana pun, sehingga kami berharap basis produksi di Indonesia ini bakal jadi pemasok produk setir kanan di ASEAN dan kemudian di pasar globa."

Kapasitas pabrik jika full berproduksi sebanyak 3 shift nantinya, bakal berkisar 50 ribu mobil dalam setahun. Jumlah mobil yang bakal diproyeksikan untuk pasar ekspor adalah sekitar 20 persen untuk di awal.

Tentang produk yang mereka pasarkan untuk awal beroperasi ini adalah Glory 580 yang merupakan SUV 7 Seater dan pick up bermesin kecil. Kedua produk tersebut sudah diproyeksikan sebagai produk yang bakal bertarung membawa brand mereka di pasar otomotif nasional.
(UDA)