Polandia Siap Produksi Mobil Hyper Listriknya di 2018

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 06 Sep 2016 08:23 WIB
mobil konsep
Polandia Siap Produksi Mobil Hyper Listriknya di 2018
Varsovia Motor Company siap produksi mobil listrik mewah. Autoguide

Metrotvnews.com: Tidak pernah terdengar sebagai negara yang punya manufaktu otomotif, perusahaan otomotif asal Polandia siap membuat kejutan. Dalam waktu dekat, The Varsovia Motor Company, bakal memproduksi mobil konsep bertenaga listrik milik mereka.

Mobil konsep yang pernah mereka desain itu terlihat futuristik nan mewah. Kelahirannya dirancang dengan konsep yang minimalis dan difokuskan sebagai mobil yang bisa menjaga kesehatan. Perusahaan yang berbasis di Warsawa, Polandia itu, mengatakan konsep ini akan akan diproduksi dalam jumlah terbatas.

Sedan dengan desain grille berbentuk berlian unik ini, didukung mesin listrik, yang dapat digunakan sebagai generator untuk menyalakan mesin, jika baterai habis.

Kisaran jarak tempuh dengan kondisi baterai penuh mencapai 217 mil (350 km) dan dengan jangkauan tambahan sekitar 311 mil (500 km). Material bodi dan rangkanya tergolong ringan, sehingga bobot mobil mencapai 4.409 pound (2.000 kg) saja. Varsovia mengklaim dari nol ke 100 km per jam mobil hanya butuh waktu di bawah 5 detik, dengan kecepatan maksimum mencapai lebih dari 200 km per jam .

Lantaran mengusung konsep futuristik, tak salah jika mereka memperkenalkannya sebagai mobile office. Artinya mobil ini bisa difungksikan layaknya berada di dalam kantor. Seperti dengan menghilangkan jok penumpang depan sehingga lebih lapang untuk penumpang di belakang. Termasuk bagian tengah yang dilengkapi pintu yang bisa membuka ke atas.

Pemasangan built-in komputer, tablet, keyboard dan mouse yang terhubung dengan akses ke internet satelit, serta dua layar berukuran 19 inci transparan dapat dilipat ke atap mobil jika tidak digunakan. Jika tidak digunakan, layar yang terbuat 90 persen transparan juga dapat berfungsi sebagai jendela, atau dapat digunakan sebagai layar panorama berukuran 38 inci.

Tidak hanya itu, ada pula jok pijat dengan fitur pendinginan dan pemanas, yang dapat beradaptasi dengan penumpang sesuai berat dan jenis tubuh. Kemudian ada juga sensor kamera yang dapat memantau keadaan emosi penumpang dengan menjaga tab pada denyut jantung mereka. Sehingga mobil bisa mengatur pencahayaan dan musik yang sesuai.

Menariknya, perusahaan tersebut mengklaim tidak ada penggunaan bahan plastik, dan semua permukaan yang dapat disentuh tangan terbuat dari bahan antiseptik. Bahan tersebut juga diklaim bisa mengusir kotoran. Varsovia juga menawarkan kepada klien, bahwa mobil dapat dipesan terlebih dulu, bahkan dapat membuatnya dari bahan lapis baja. Prototipe ini bakal debut di pameran mobil internasional yang dijadwalkan pada 2018, dan produksi akan dibatasi sebanyak 50 unit per tahun.


(UDA)