Transmisi Bermasalah

Toyota Tak Ingin Gegabah Recall Fortuner Baru

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 20 Sep 2016 10:13 WIB
toyota
Toyota Tak Ingin Gegabah <i>Recall</i> Fortuner Baru
Transmisi bermasalah Fortuner baru tunggu hasil pemeriksaan. MTVN

Metrotvnews.com, Malang: Berkaitan dengan isu transmisi bermasalah milik All New Fortuner, memang dirasakan cukup mengganggu bagi sebagian besar pemilik mobil SUV itu. Apalagi hingga sekarang bos Toyota di Jepang belum menyatakan ada recall Fortuner baru ini.

Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Rouli Sijabat mengatakan, masalah transmisi otomatis All New Fortuner yang dialami konsumen di Indonesia, dan juga terjadi di Filipina beberapa hari yang lalu, saat ini dalam tahap pemeriksaan lebih lanjut. Untuk mencari tahu dan memastikan penyebab utama kerusakannya.

Sementara kemungkinan adanya penarikan (recall) terkait kasus ini Rouli menjelaskan, bahwa mereka tak ingin gegabah mengambil tindakan seperti itu. Recall hanya bisa dilakukan bagi negara yang punya lembaga seperti National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang ada di Amerika, yaitu sebagai lembaga keselamatan jalan raya Amerika.

Lebih lanjut Rouli menjelaskan, bahwa lembaga seperti itulah yang berwenang untuk memerintahkan recall apabila sebuah mobil dianggap bermasalah, utamanya bisa membahayakan keselamatan. "Nah, di negara kita belum punya yang seperti itu."

"Kita sedang mendalami kasus ini untuk mencari tahu penyebab utamanya, apakah kerusakan karena buruknya kualitas material atau dari proses produksi, termasuk yang terjadi di Filipina. Karena dari beberapa kasus recall yang ada, meski masalahnya sama, tapi penyebabnya beda. Bahkan untuk jenis mobil yang sama sekalipun, recall terkadang hanya dilakukan di negara tertentu saja," jelasnya, di Malang, Jawa Timur, Senin (19/9/2016).

Namun kata Rouli, jika memang diperlukan pemanggilan unit dari para konsumennya, TAM akan melakukannya lewat program Special Service Campaign (SSC). Program ini sama seperti recall, namun ini merupakan kebijakan internal dari Toyota pusat di Jepang. Tentunya setelah melalui sejumlah tahapan dan proses pemeriksaan secara menyeluruh.

Baca juga berita sebelumnya:
Transmisi All New Fortuner di Filipina Bermasalah
Kasus Transmisi All New Fortuner juga Terjadi di Indonesia
Bos Toyota Belum Recall Fortuner Baru


(UDA)