Teknologi Mesin

Mesin ini Padukan Keunggulan Gas dan Diesel

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 19 Sep 2016 16:45 WIB
teknologi otomotif
Mesin ini Padukan Keunggulan Gas dan Diesel
Homogeneous Charge Compression Ignition (HCCI) engine. Flipboard

Metrotvnews.com: Karakter mesin diesel memang memiliki tenaga yang besar, karena torsi yang dihasilkan sangat signifikan. Selain itu menawarkan penggunaan bahan bahar yang lebih baik dan ekonomis dibanding mesin bertenaga gas.

Sekarang ada penemuan baru, mesin yang menggabungkan antara kinerja diesel yang menawarkan ke ekonomisan penggunaan bahan bakar, dengan mesin yang menggunakan tenaga gas. Ini disebut Homogeneous Charge Compression Ignition (HCCI) engine.

Insinyur penemu HCCI teknologi ini menjelaskan, mesin HCCI ini akan bekerja seperti mesin bensin, namun dengan mencampur bahan bakar menggunakan kompresi seperti diesel. Hasilnya diklaim menjadi sebuah mesin yang memberikan kinerja terbaik, dari percampuran keduanya.

Namun penemuan baru ini bukan tanpa hambatan, tantangan terbesar dengan mesin HCCI yaitu hanya dapat mengontrol pembakaran ketika suhu internal disimpan dalam jendela kecil. Jika tidak, akan bermasalah dengan bahan bakar yang meledak-ledak.

Tentu sangat disayangkan jika penemuan ini tak diteliti lebih lanjut. Berharap pabrikan mobil dapat menemukan cara untuk andal mengontrol suhu internal, agar bisa memanfaatkan mesin produksi HCCI yang sangat baik dan menjadi mesin masa depan dengan pembakaran internal yang sangat ramah lingkungan.


(UDA)