Komponen Otomotif,

Mesin LCGC Perlu Pelumas Khusus untuk Menjaga Temperatur

Ekawan Raharja    •    Rabu, 13 Feb 2019 19:42 WIB
komponen otomotif
Mesin LCGC Perlu Pelumas Khusus untuk Menjaga Temperatur
Total hadirkan pelumas yang diperuntukan khusus LCGC. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Penjualan mobil di Indonesia pada 2019 cukup menggemberikan karena lebih dari 1,1 juta unit. Bahkan perlu digaris bawahi, 20 persen dari total penjualan tersebut adalah mobil low cost green car (LCGC).

Melihat tingginya segmen LCGC di Indonesia, para produsen pelumas otomotif melihat peluang ini dengan menghadirkan pelumas khusus mobil entry level tersebut. Bahkan untuk membuat pelumas khusus mobil LCGC, dibutuhkan spesifikasi dan racikan khusus ketika membuat formulanya.

Managing Director PT Total Oil Indonesia, Franck Giraud, menjelaskan mesin-mesin LCGC memiliki ukuran yang cukup compact. Rata-rata berada di kisaran 900 cc - 1.200 cc, tentu memiliki karakteristik yang berbeda dengan mesin-mesin dengan ukuran yang lebih besar.

"Kita sama-sama tahu mesin LCGC ukurannya cukup compact, bisa dilihat juga secara fisik ukurannya yang compact. Kemudian artinya ada isu yang muncul yang harus kita perhatikan adalah temperatur," ungkap Franck Giraud Rabu (13/2/2019) di Ecology Jakarta.

Lebih jauh menjelaskan semakin ringkas ukuran mesin, maka temperatur mesin harus dijaga. Sehingga diperlukan banyak faktor yang harus diperhatikan, salah satunya pelumas untuk meredam panas mesin.



Melihat kondisi ini, perusahaan pelumas asal Prancis ini menghadirkan Total Quartz 8000 GF-5 0W-20 dan Total Quartz 7000 GF-5 5W-30. Keduanya dikhususkan untuk mobil-mobil LCGC, dengan viskositas (tingkat kekentalan pelumas) rendah.

"Mesin modern dan berukuran kompak seperti di mobil LCGC, membutuhkan pelumas dengan viskositas yang sangat rendah. Total Quartz 8000 GF-5 0W-20 dan Total Quartz 7000 GF-5 5W-30 dirancang agar kompatibel untuk digunakan di mesin LCGC. Saat ini kita memasuki era di mana usia pakai produk yang menjadi salah satu fokus utama," sambungnya.

Di Indonesia, Total bukan produsen pelumas pertama yang menghadirkan pelumas khusus LCGC. Sebelumnya sudah ada Shell Helix Eco, hadir dengan dua varian, full synthetic 0W-20 dan synthetic 5W-30.

Sayangnya Total tidak mengumumkan berapa harga eceran tertinggi (HET) Total Quartz 8000 GF-5 0W-20 dan Total Quartz 7000 GF-5 5W-30. Mereka hanya memberikan gambaran untuk ukuran satu liter ada dikisaran harga kurang lebih Rp100 ribu. Berbeda dengan Shell yang sudah mengumumkan harga Shell Helix Eco dikisaran Rp325 ribu untuk full synthetic dan Rp305 ribu untuk synthetic ukuran 3,5 liter sesuai kebutuhan mesin LCGC 1.200 cc.


(UDA)