Telluride, SUV Korea yang Asli Amerika

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 16 Jan 2019 13:32 WIB
mobil barupameran otomotifpeluncuran mobil baru
Telluride, SUV Korea yang Asli Amerika
Garis desain Telluride yang maskulin bertolak belakang dengan jajaran SUV besutan Kia-Hyundai yang cenderung kalem. Sekilas sosoknya mirip Toyota Land Cruiser VX/GX. AFP Photo/Scott Olson

Detroit: Selera pasar otomotif Amerika Serikat beberapa tahun terakhir kembali tergila-gila kepada kendaraan bongsor. Tidak mau ketinggalan peruntungan, Kia menghadirkan Telluride untuk melengkapi jajaran SUV-nya.

"Telluride hanya dipasarkan di Amerika Utara," ujar Kia Motors America COO, Michael Cole, dalam peluncuran Telluride di North American International Auto Show (NAIAS) 2019, Selasa (15/1/2019) waktu Detroit, AS, sebagaimana dilansir AFP.
 

baca juga: Dominasi Asia di Detroit Auto Show 2019


Kia membekali Telluride dengan GDI V6 3,8 liter dan transmisi otomatis delapan perecepatan. Total tenaga yang mampu dihasilkan diklaim sebesar 295 daya kuda.

Telluride merupakan model pertama Kia yang seluruh rancang bangunnya berlangsung di fasilitas Kia Design Center di Irvine, California. Ini tak lepas dari 'ancaman' kenaikan pajak import yang Presiden Donald Trump lontarkan pada awal masa jabatannya.  


Hyundai Veloster N TCR


Di dalam pameran otomotif yang dahulu dikenal sebagai Detroit Auto Show ini, Hyundai menghadirkan Veloster N TCR. Sedan fastback ini akan Hyundai terjunkan dalam ajang balap Touring Car Championship.



Veloster N TCR merupakan versi kompetisi dari Hyundai i30. AFP Photo/Scott Olson

Dapur pacu untuk Veloster N TCR berkapasitas 2.0 liter turbocharged. Walau punya kapasitas yang lebih kecil dibanding Telluride, tetapi jauh lebih bertenaga, yaitu 350 tenaga kuda.

Sepanjang tahun lalu, Hyundai dan Kia menjual 1,27 juta unit mobil di Amerika Serikat yang menurun tipis dari 2017. Data dari Autodata menunjukkan bahwa khusus Hyundai penjualannya 677.946 unit dan KIA mencatatkan 589.763 unit.

 


(LHE)