Mobil Listrik

Elon Musk Siap Saingi Ford F-150, dengan Pick-up Listrik

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 28 Dec 2017 17:07 WIB
mobil listriktesla
Elon Musk Siap Saingi Ford F-150, dengan <i>Pick-up</i> Listrik
Tesla berencana membangun pick up listrik seperti Ford F-150. Carscoops

Amerika Serikat: Bos Tesla, Elon Musk menyatakan niatnya untuk meluncurkan truk pick-up all-electric setelah Model Y. Musk menegaskan, bahwa untuk jenis light-duty dan heavy-duty berada dalam tahap awal pengembangan dan bakal diresmikan awal tahun depan, untuk bersaing dengan Ford F-150.

Tesla saat ini memiliki Model S,3, X, dan banyak spekulasi menyebutkan pickup ini dibangun berdasar platform Model 3, yang kemungkinan juga bisa menjadi compact crossover. Namun, yang terpenting dan menjadi tantangan besar bagi produsen mobil Amerika ini adalah pemilihan powertrain yang tepat.

Karena sebagai sebuah heavy-duty pick-up, Tesla perlu memiliki driving range yang baik, mampu membawa dan menarik beban berat, serta torsi besar agar sanggup melibas segala kondisi jalan termasuk off road. Kemampuan inilah yang bisa membuat Tesla bersaing Ford F-10.

Tapi jika mengandalkan teknologi yang ada saat ini, maka Ia harus siap bermain di kelas light-duty yang seharusnya itu tak terlalu sulit, untuk menjadikannya pesaing Honda Ridgeline. Kemungkinan menggunakan chassis mobil dan desain yang lebih pendek, berbeda dengan kelas heavy-duty yang lebih besar dan bertenaga.

Sebelumnya, Jeep sudah pernah mengembangkan mobil dengan kemampuan besar berjenis truk ringan. Meski bentuknya tak jauh berbeda dengan mobil berpenumpang, namun klaim tentang tenaganya yang menyamai mesin diesel, juga masih sebatas riset. Belum ada pembuktiannya di atas kertas.

Mengutip dari Twitter-nya, Musk mengatakan bahwa dia telah memikirkan pick-up ini selama hampir lima tahun dan sangat ingin membangunnya.


(UDA)