Mobil Baru

Polaris Slingshot, Mobil Roda Tiga dengan Fitur Baru

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 05 Dec 2017 09:42 WIB
mobil baru
Polaris Slingshot, Mobil Roda Tiga dengan Fitur Baru
Polaris Slingshot terinspirasi model Morgan era 1930an. Autoguide

Amerika Serikat: Polaris Slingshot kembali memperkenalkan kendaraan roda tiga yang desainnya terinspirasi model Morgan era 1930an. Polaris merupakan produsen otomotif asal Amerika Serikat (AS) yang dikenal dengan produksi ATV dan snowmobile.

Dilansir dari Autoguide, meski kehadirannya bukan sebagai produk baru, kendaraan roda tiga Slingshot tergolong unik, dengan jumlah kapasitas penumpang dua orang dan bobotnya mencapai 790 kilogram, dalam keadaan tangki penuh sekitar 9,7 liter.

Posisi mengemudi Slingshot dianggap unik, karena letak kemudi sedikit lebih tinggi dari biasanya dan sedikit miring, namun ini dilakukan untuk memudahkan manuver tangan si pengemudi.

Keunikan lain yakni pusat gravitasi yang sangat rendah, sehingga penumpang hanya beberapa centimeter di atas aspal. Termasuk penggunaan struktur rangka baja dengan drive belt dari karbon fiber, dan swing arm belakang sisi tunggal dari aluminum.

Untuk urusan performa tak perlu diragukan lagi, karena Slingshot dibekali mesin 2,4 Liter DOHC 4 silinder, dipadu transmisi manual 5-kecepatan dari GM, yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 173 daya kuda. Ada juga fitur keselamatan rem ABS dan kendali traksi-stabilitas. 

Harga yang dirilis Polaris untuk Slingshot mulai dari USD20 ribu atau sekitar Rp270 jutaan untuk model standar. Tersedia juga model yang sudah dilengkapi paket media, ban yang lebih besar, serta kamera. 

Sementara untuk varian SL yang diengkapi dengan fitur kamera parkir, windshield, jok berwarna kontras, sistem audio dan navigasi, dibanderol di kisaran USD23.999 atau sekitar Rp320 jutaan. 


(UDA)