Transportasi Umum

Motobus, Solusi Angkut Penumpang dan Motor Sekaligus

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 05 Oct 2017 10:26 WIB
transportasi
Motobus, Solusi Angkut Penumpang dan Motor Sekaligus
Motobus baru akan layani rute Jakarta-Bandung. Youtube

Metrotvnews.com, Jakarta: Perjalanan jauh menggunakan sepeda motor dianggap berbahaya, terlebih untuk mereka yang belum terbiasa. Hal inilah yang memancing Motobus untuk menyediakan moda transportasi untuk penumpang sekaligus motornya.

Motobus yang dikelola PT Motobus Trans Nusantara ini menawarkan jasa angkut penumpang dan sepeda motor miliknya. Penumpang ditempatkan di bagian atas bus, sedangkan motor di bagian bawah bus.

Jelas bus yang digunakan adalah bus double decker. Bodinya buatan Nusantara Gemilang, Kudus dan menggunakan sasis Mercedes-Benz OC500RF, dengan tiga sumbu roda.

Motobus rencananya akan melayani jurusan Jakarta-Bandung, dan pemesanan tiket bisa diakses melalui website www.motobustiket.com. Sayangnya saat kami akses, website sedang dalam perbaikan.

Fasilitas yang diberikan untuk penumpang adalah kursi premium ekonomi, jaringan wifi dan USB charger. Rencananya Motobus akan beroperasi pada 27 Oktober 2017 mendatang, namun info terbaru yang kami dapat, jadwal operasional ditunda sementara. 

Konsep seperti ini jadi yang pertama di Indonesia bahkan dunia, sehingga pihak Motobus sudah mematenkan desain busnya. Sebelumnya penumpang yang ingin bepergian membawa motornya hanya bisa dilayani dengan armada yang menggunakan maxi bus, yang bagasinya bisa dimasuki sepeda motor.

Bagian yang banyak dipertanyakan adalah akankah ini benar-benar terwujud? mengingat tidak setiap hari juga orang akan melakukan perjalanan membawa motornya sekaligus. Sehingga nantinya bisa jadi moda bus transportasi seperti ini takkan dibutuhkan setiap hari.


(UDA)