Mobil Klasik

Austin-Healey 100-6 1958 Berlapis Emas ini Ditaksir Rp7 Miliar

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 02 Nov 2017 08:11 WIB
mobil klasik
Austin-Healey 100-6 1958 Berlapis Emas ini Ditaksir Rp7 Miliar
?Austin-Healey 100-6 1958 berlapis emas 24 Karat. Autoguide

Metrotvnews.com: Bagi produsen otomotif, punya trik pemasaran yang jitu untuk membuat pelanggan tertarik terhadap mobil yang akan ditawarkannya, bukan perkerjaan yang mudah. Hal itu diamini oleh pendiri pabrikan mobil Inggris merek Austin-Healey, Donald Healey.

Berdasarkan pengalaman perusahaannya ketika hendak menjual Healey 100-6, di pameran otomotif Earls Court yang terkenal di London, Inggris, pada 1958.

Agar dikenal dan membuat pelanggan tertarik terhadap model Healey 100-6, divisi humas Heealey, Ken Gregory, memiliki ide untuk menciptakan model mobil yang paling mewah di dunia. Yakni membuat mobil berlapis emas.

Ternyata gagasan Gregory itu disambut seorang pembeli bernama Basil Cardew, yang berprofesi sebagai jurnalis otomotif di kantor berita Daily Express. Rencananya mobil itu bakal dijadikan sebagai hadiah utama sebuah kontes yang digelar Daily Express.

Singkat cerita, Healey 100-6 berlapis emas 24 karat yang dijuluki 'Goldie' berhasil diproduksi. Beberapa bagian mobil yang dilapisi emas meliputi list bodi, bumper depan dan belakang, pelek serta wiper. Termasuk kunci mobil beserta gantungannya dan setir. 

Ada juga bagian interior yang terbuat dari gading, termasuk bagian jok, back squibs dan lantai mobil yang terbuat dari Mink. Bahan kulit didatangkan dari Tiongkok membungkus semua bagian yang tidak menggunakan bahan mink atau emas.

Dikatakan, bahwa pemilik pertama yang juga pemenang kontes telah menjual mobil tersebut. Kemudian mobil bertukar tangan beberapa kali sebelum berakhir di gudang, tempat ia ditemukan dan direstorasi. Sekarang, Healey 100-6 keluaran 1958 itu siap untuk dijual oleh rumah lelang RM Sotheby’s.

Rumah lelang RM Sotheby’s memperkirakan mobil tersebut bakal laku terjual di kisaran harga USD350 ribu - USD550 ribu (sekitar Rp4,7 miliar - Rp7,4 iliar), dalam lelang rencananya digelar 6 Desember mendatang.

Hal yang menarik adalah, banyak pihak membayangkan jika nantinya pembeli hanya akan menjadikan mobil itu sebagai koleksi dan tidak dipakai sebagai mobil harian. Dapat dibayangkan jika mobil tersebut dipakai harian dan diparkir di tempat umum, maka bakal berisiko hilangnya beberapa komponen mobil yang dilapisi emas akibat dicuri.


(UDA)