Teknologi Otomotif

Bos Tesla Bangun Terowongan Kereta Cepat Hyperloop One

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 31 Oct 2017 13:21 WIB
teknologi otomotif
Bos Tesla Bangun Terowongan Kereta Cepat Hyperloop One
Terowongan yang dibangun oleh The Boring Company berada di bawah Hawthorne, dekat dengan Tesla Design Center dan SpaceX headquarters di California, Amerika Serikat. Carscoops

Metrotvnews.com: Setelah sukses melakukan uji coba publik Hyperloop One di gurun pasir Nevada, Amerika Serikat, Mei tahun lalu. Kini, pemilik perusahaan mobil listrik, Tesla, Elon Musk, memperlihatkan tunel atau terowongan yang bakal menjadi lintasan Hyperloop One.

Dikatakan, terowongan yang dibangun oleh The Boring Company tersebut berada di bawah Hawthorne, dekat dengan Tesla Design Center dan SpaceX headquarters di California, Amerika Serikat (AS). Itu artinya project yang digagas Musk benar-benar mulai berjalan.

Meskipun gambar itu melebar ke kejauhan, kita bisa melihat seberapa jauh perkembangan konstruksinya. Menurut media lokal, Yang dilaporkan adalah terowongan itu memiliki seperangkat lintasan, dinding berpanel, sekumpulan kabel dan saluran besar di atasnya.

Musk telah menyatakan bahwa dia berencana untuk menghubungkan New York City, Philadelphia, Baltimore dan Washington DC melalui Hyperloop, sebuah sistem yang memungkinkan dilakukannya perjalanan berkecepatan tinggi.

Sebagai informasi, dalam pengujiannya beberapa waktu lalu, Hyperloop berhasil melesat dari kecepatan nol hingga 186 km perjam dalam 1,1 detik. Akselerasi tersebut menghasilkan gaya hingga 2,4 G. Pengujian dilakukan dalam jarak 100 meter. Disebutkan, saat kereta Hyperloop One berhenti, tekanan udara yang sangat kuat menghempaskan pasir dan debu padang pasir Nevada ke udara.

Sarana transportasi ini mirip dengan kereta, hanya saja memiliki jalur berupa tabung pipa besar. Hyperloop dikatakan bisa melaju hingga kecepatan 600 km/jam. Rencananya, sarana tranpostasi masal yang terbilang ektsrem ini akan dibangun di negara bagian Colorado, dan akan beroperasi sejauh 570 kilometer, menghubungkan Denver dengan Pueblo, Vail dan Cheyenne.


(UDA)