Industri Otomotif

Aston Martin Kini Bikin Speed Boat Mewah

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 30 Sep 2016 17:29 WIB
industri otomotif
Aston Martin Kini Bikin Speed Boat Mewah
Aston Martin AM37. Autoguide

Metrotvnews.com: Tidak puas hanya dikenal sebagai pembuat mobil mewah, Aston Martin kini merambah ke dunia transportasi maritim dengan menciptakan perahu motor (speed boat) mewah. Produk perdana mereka diberi nama AM37 yang belum lama ini debut di Monaco Yacht Show 2016.

AM37 ini merupakan model 37 kaki hasil garapan Quintessence Yachts dan tim desain Aston Martin, yang akan ditawarkan dalam dua pilihan. Pertama, the AM37 motivated yang dilengkapi twin Mercury diesel engines, yang mampu menyemburkan tenaga 370 daya kuda, dan twin Mercury petrol engines atau mesin bensin yang mampu menyemburkan tenaga 430 daya kuda. Keduanya diklaim bisa melesat pada kecepatan 45 knots.

Sementara, bagi mereka yang ingin mencari sensasi kecepatan lebih dapat memilih spicier AM37S, yang menawarkan sepasang mesin Mercury bensin bertenaga 520 daya kuda, yang juga diklaim mampu melesat di atas air dengan kecepatan 50 knots. Termasuk pilihan baling-baling atau jet thrust propulsion.

"AM37 adalah terjemahan murni konsep maritim dari DNA Aston Martin yang sama sekali baru. Power boat ini mencerminkan nilai-nilai kita dalam hal kekuatan, keindahan dan jiwa. AM37 adalah perahu motor yang fantastis dan elegan," kata Direktur Kreatif Aston Martin, Marek Reichman.

Kemewahan desain kapal ini diperlihatkan mulai dari atas dek, yang menggunakan bahan komposit serat karbon, kaca jok depan terbuat dari panel kaca tunggal, lengkap dengan tiga panel sliding serat karbon. Mencakup bagian kokpit, dan sepenuhnya dapat dikendalikan hanya dengan sentuhan tombol, serta sliding bimini top yang bisa muncul dari bagian bawah penutup mesin.

Penggunaan bahan serat karbon juga terlihat di bagian kokpit bagian dashboard, yang didesain bergaya khas Aston Martin, termasuk kemudi berbalut bahan kulit halus dengan aksen logam mengkilap. Tidak ketinggalan fitur mewah seperti kontrol throttle dan joystick, navigasi perahu, monitor dan sistem hiburan cerdas yang semuanya terintegrasi.

Seperti yang anda bayangkan, kemewahan tidak hanya nampak di bagian ekterior. Bagian kabin akan disambut dengan suasana pencahayaan mewah, dengan pemasangan AC, kulkas, microwave oven,mesin kopi, dan toilet yang dapat dioperasikan dari jarak jauh menggunakan ponsel atau tablet. Tidak ketinggalan pemasangan jok kulit di bagian beakang, yang bisa menampung hingga delapan orang.

Rencananya mereka bakal menyediakan pilihan warna interior yang bisa dipesan sesuai keinginan konsumen, yang pengerjaannya digarap oleh ‘Q by Aston Martin,’ yang telah dikenal sebagai spesialis rumah penjahit modifikasi. Meski tidak menyebutkan secara rinci kapan kapal ini akan dijual. Namun yang pasti Aston Martin bakal memasang banderol harga tidak kurang dari USD1 juta (sekitar Rp14 miliar).


(UDA)