New York Auto Show 2018

Brembo Bikin Kaliper Rem Khusus Supercar

Ekawan Raharja    •    Selasa, 03 Apr 2018 15:18 WIB
komponen otomotif
Brembo Bikin Kaliper Rem Khusus <i>Supercar</i>
Kaliper rem ini sudah mengadopsi teknologi topology. Brembo

New York: Mobil-mobil berperforma tinggi, seperti supercar, tentu membutuhkan komponen-komponen dengan spesifikasi khusus. Terlebih membaca soal sistem pengereman, dibutuhkan kekuatan yang luar biasa untuk menghentikan tenaga yang biasanya sudah mencapai 500 daya kuda.

Melihat semakin banyaknya supercar yang hadir, Brembo pun mendesain kaliper rem khusus. Sistem pengereman ini mengadopsi desain baru yang dapat mengurangi bobot hingga 400 gram di setiap roda.

Dikutip dari Carscoops, kaliper ini memiliki ratio weight-to-stiffness akibat penggunaan bahan alumunium. Meski memiliki tingkat cengkraman yang sama dibandingkan kaliper lainnya, namun urusan berat ini lebih enteng 8 persen.

Brembo menggunakan teknologi topology, sebuah piranti lunak yang dapat mensimulasikan kekakuan sebuah komponen sekaligus menghitung penggunaan material berlebih, untuk pengembannya. Kaliper ini mampu membaca geometri yang tercipta sekaligus mengoptimalkan performa pengereman.

Meski baru diperkenalkan, namun Pagani tidak segan-segan mengaplikasikan kaliper ini untuk Huayra bertenaga 720 daya kuda. Mengingat citra Brembo sudah lebih dari 45 tahun berkecimpung di dunia motorsport.

Para pemilik supercar tentu bisa membeli kaliper ini, dan warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan si pembelinya. Selain menambah keren penampilan, kaliper ini tentu akan menambah performa pengereman ketika diajak ngebut.


(UDA)