Tips Mobil

Risiko Pemakaian Pelek dan Ban Besar

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 15 Nov 2016 10:24 WIB
tips mobil
Risiko Pemakaian Pelek dan Ban Besar
Gunakan ukuran pelek yang direkomendasikan bikin awet kaki-kaki mobil. Carid

Metrotvnews.com, Jakarta: Penggunaan pelek aftermarket sudah menjadi kebutuhan agar mobil tampil lebih gaya pada saat ini. Namun tahukah Anda? Ternyata ada risiko jika memakai pelek dan ban yang terlalu besar.

Pemakaian pelek dan ban besar yang tidak sesuai dengan ukuran standar pabrikan bakal merusak ball joint, tie rod dan bearing roda.


Contoh kondisi ball joint yang sudah rusak

Menurut Fahmi, pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, pemakaian pelek dan ban besar bakal memperpendek usia pakai beberapa komponen. Terutama di bagian kaki-kaki mobil.

“Pemakaian ban dan pelek besar akan membuat kerja setir dan ball joint, tie rod, serta bearing roda jadi lebih berat. Apalagi jika sering melewati jalan jelek/berlubang,” beber Fahmi.

Kerusakan di komponen tersebut bakal membuat setir speleng, jarak bebas setir terlalu panjang, dan saat melewati jalan rusak/berlubang terdengar bunyi 'gluduk-gluduk'.

Sebaiknya menggunakan pelek mobil yang tidak terlalu ekstrem. Jangan hanya karena untuk bergaya, Anda mengorbankan kenyamanan. Oleh karena itu, pilih pelek dan ban standar sesuai yang direkomendasikan pabrikan.
 


(HIL)