BSD City Grand Prix

Indonesia Punya Sirkuit Jalan Raya di BSD City

Ekawan Raharja    •    Rabu, 24 May 2017 06:59 WIB
balap mobil
Indonesia Punya Sirkuit Jalan Raya di BSD City
BSD City Grand Prix akan berlangsung pada 18-20 Agustus 2017. Sinar Mas Land

Metrotvnews.com, BSD City: Beberapa balapan seperti Formula One atau balap mobil touring, kerap dilaksanakan dengan menggunakan jalanan perkotaan. Indonesia dalam waktu dekat pun akan memiliki lintasan yang bisa digunakan untuk balapan.

Sinar Mas Land bisa menyulap area BSD City, Tangerang Selatan, menjadi street circuit. Lintasan balap ini nantinya akan memanfaatkan beberapa ruas jalan yang ada di Kota BSD City.

Panjang lintasan sirkuit ini mencapai tiga kilometer dengan arah putaran searah jarum jam dengan lebar trek antara 9,25 meter sampai 10,5 meter. Terdapat 12 tikungan di street circuit ini, di antaranya 2 hairpin corner seperti sirkuit Monaco dan 2 chicane corner seperti sirkuit Monza, Italia.

Sebagai proyek perdana, sirkuit non permanen ini akan menyelenggarakan BSD City Grand Prix. Balapan ini bakal memboyong kelas-kelas yang ada di Indonesia Sentul Series of Motorsport ke tengah-tengah Kota BSD City.

Sebanyak tujuh kelas siap dipertandingkan di BSD City Grand Prix. Mulai dari ITCC, ETCC 2000, ETCC 3000, dan beberapa balapan lainnya.

"Sinar Mas Land sangat bangga karena BSD City dapat menjadi tuan rumah ajang Kejuaran Nasional (Kejurnas) Balap Mobil tahun 2017 ini. BSD City akan memberikan fasilitas dan infrastruktur pendukung terbaik di ajang balap mobil yang bertema BSD City Grand Prix, sesuai dengan standarisasi yang dibutuhkan sebuah sirkuit pada umumnya dan di bangun dengan standar keselamatan yang tinggi,” ujar Corporate Communication Sinar Mas Land, Panji Himawan, melalui keterangan resminya.

BSD City Grand Prix rencananya akan berlangsung mulai dari 18-20 Agustus 2017. Kegiatan ini juga akan berbarengan dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung sejak 10 Agustus 2017.

Selain mempersiapkan kualitas sirkuit, perusahaan properti ini juga sudah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukungnya. Mulai dari rumah sakit, hotel, tempat makan, hingga akses menuju BSD City.


(UDA)