Test Drive

Jajal Kemampuan Suzuki Ignis di Jalan Luar Kota

Ekawan Raharja    •    Jumat, 08 Sep 2017 07:22 WIB
test drivesuzuki
Jajal Kemampuan Suzuki Ignis di Jalan Luar Kota
Suzuki Ignis dihargai mulai dari Rp139,5 juta sampai Rp169,5 juta yang terbagi ke dalam empat varian. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Suzuki Ignis terbilang salah satu jagoan baru Suzuki di semester pertama 2017. Mobil ini menawarkan sejumlah keunikan, termasuk desain dan kemampuannya untuk melibas aspal di Indonesia.

Sebelumnya tim redaksi Metrotvnews.com sudah pernah menguji Ignis di area perkotaan. Lantas bagaimana sensasinya jika mini sport utility vehicle (SUV) compact ini di bawa keluar kota?

Test driver Metrotvnews.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal Ignis GX AGS dari Jakarta Menuju Solo. Berisikan dua orang penumpang, kami melintasi jalur tol dan lintas utara dengan jarak tempuh kurang lebih 550 kilometer.

Kenyamanan

Ketika masuk ke dalam mobil pertama kali, kabin Ignis terasa sangat luas. Bagi test driver dengan postur badan 160 cm dan berat 68 kg, baik head room dan leg room masih tersisa banyak ruang.

Bentuk jok sangat nyaman mendekap tubuh pengemudi selama menempuh perjalanan jalur utara Pulau Jawa. Busanya pun tidak terlalu keras atau juga terlalu empuk, pas untuk dipakai perjalanan jauh.

Begitu juga di bagian belakang masih menyisakan leg room yang cukup luas untuk penumpang dengan postur tinggi sekitar 170 cm. Hanya saja jok belakang terasa terlalu tegak dan desain head rest kurang nyaman bila digunakan bagi penumpang yang ingin tidur.

Beralih ke bagian bagasi, ruang kompartemen yang ditawarkan cukup besar. Kami memperkirakan bagasi ini sanggup memuat dua koper berukuran 21 inci dan empat travel bag.

Berbicara desain lingkar kemudi juga baik dan layar indikator cukup lebar, sehingga pengemudi bisa melihat dengan jelas kecepatan, putaran mesin, dan berbagai informasi lainnya.

Masuk mengemudi di waktu malam, lampu LED yang ditawarkan oleh Suzuki Ignis terasa sangat membantu penglihatan. Fitur Leveling headlight bisa digunakan untuk menyesuaikan jarak sorot lampu dengan mata pengemudi.

Perjalanan semakin nyaman dengan perangkat entertainment layar sentuh 2-din dengan koneksi bluetooth. Speaker yang dibenamkan di Ignis juga terbilang nyaman di telinga meski volume sudah diatur hingga level 20.

Performa

Ignis dilengkapi dengan mesin K12M 1.197 cc 4-silinder DOHC bertenaga 81,8 daya kuda di putaran 6.000 rpm dan torsi 113 Nm di putaran 4.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi auto gear shift (AGS) khas Suzuki.

Bagi pengemudi yang pertama kali merasakan transmisi AGS, maka bersiap akan merasakan sendatan-sendatan ketika pergantian transmisi. Khususnya ketika gear akan naik, maka akan terjadi leg power yang membuat tenaga mobil terasa mengempos. Baik pengemudi dan penumpang harus bersiap untuk merasakan "sensasi" yang ditawarkan oleh transmisi AGS.

Catat sedikit mengenai transmisi AGS ketika melewati jalanan tanjakan, pengemudi harus lihai untuk bermain tuas perseneling karena transmisi AGS kami rasakan tidak seresponsif transmisi otomatis biasa atau pun CVT. Bahkan ketika usai berhenti ditanjakan, mobil bisa saja mundur jika pengemudi tidak cekatan menginjak pedal gas dan rem.

Saat mobil sudah melaju, tenaga mulai terasa lancar dan padat di putaran 2.000 rpm. Bahkan kami mencatat saat mobil di kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) tidak terasa limbung yang berlebih dan juga setir masih nyaman untuk digengam.

Berbeda di kecepatan 120 kpj, mobil sudah terasa melayang dan setir mulai terasa liar untuk digenggam. Pertanda gas harus dikurangi dan menekan sedikit pedal gas agar setir kembali stabil.

Merasakan bermanuver di dengan Ignis di kecepatan 100 kpj masih terasa nyaman. Dimensi yang compact dengan panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.595 mm serta sasis Heartect terasa menyenangkan untuk diajak bermanuver.

Lantas berapa konsumsi bahan bakar yang kami dapat selama perjalanan? Kami mencatatnya berdasarkan rata-rata konsumsi bahan bakar yang tertera di layar MID Ignis.

Di perjalanan Jakarta menuju Solo, rute yang kami tempuh tergolong sangat lancar dan menghasilkan rata-rata konsumsi bahan bakar 18,2 kilometer per liter (kpl). Sedangkan kembalinya dari Solo menuju Jakarta jalanan sangat Macet dan menghasilkan konsumsi bahan bakar 17,6 kpl.

Kesimpulan dan Harga

Secara keseluruhan kami menilai Ignis sangat menyenangkan untuk di ajak mengemudi. Tenaganya yang memadai, kabin yang lapang, serta sejumlah fitur membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Hanya saja transmisi AGS yang ditawarkan oleh Suzuki akan memberikan kecanggungan bagi pengemudi yang pertama kali menggunakan transmisi AGS. Kemudian jok belakang bisa diatur kemiringannya, maka lengkap sudah kenyamanan dari Ignis.

Sekarang Ignis ditawarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales dengan empat varian Mulai dari GL Manual, GL AGS, GX Manual, dan GX AGS. Konsumen bisa meminang mobil ini dengan harga mulai dari Rp139,5 juta hingga Rp169,5 juta.


(UDA)