Industri Otomotif

Mitsubishi Fuso Siap Masuki Era Euro 4

Ekawan Raharja    •    Selasa, 20 Jun 2017 11:08 WIB
mitsubishi
Mitsubishi Fuso Siap Masuki Era Euro 4
Mitsubishi Fuso akan mempersiapkan produk berstandar emisi gas buang EURO 4 sejak tahun ini. Mitsubishi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan segera menetapkan standar emisi gas buang Euro 4 di 2018 untuk mesin bensin dan 2021 untuk mesin diesel. Meski untuk mesin diesel masih lama, namun Mitsubishi Fuso sudah bersiap untuk menuju standar emisi gas buang Euro 4.

Pabrikan kendaraan komersial dari Jepang tersebut akan mempersiapkan produk-produknya menjadi standar Euro 4 sejak tahun ini. Mereka tidak ingin menunda-nunda mengubah standar emisi gas buang mereka yang saat ini masih di level Euro 2.

"Tentu saja ada persiapan-persiapan, dan kami sedang menuju ke sana," ungkap Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono, beberapa waktu lalu di kantornya yang terletak di Pulomas Jakarta Timur.

Fuso mengambil langkah sejak tahun ini karena banyak hal yang harus dipersiapkan untuk bisa menghasilkan kendaraan dengan standar emisi gas buang Euro 4. Mulai dari pengembangan mesin baru, peningkatan fasilitas pabrik, pengetesan, hingga penyesuaian layanan purna jual. Semua hal itu tentu tidak bisa dilakukan secara instan.

Rival dari Hino ini juga berharap pemerintah melakukan mempersiapkan dengan baik jika memberlakukan standar emisi gas buang Euro 4. Khususnya penyediaan bahan bakar berstandar Euro 4 harus ada karena ini adalah kuncinya.

"Karena 2021 itu sudah dekat. Mudah-mudahan di 2021 pemerintah juga sudah siapkan bahan bakar yang sesuai."

Hingga saat ini hanya Indonesia yang masih menganut standar emisi Euro 2. Beberapa negara lain di Asia Tenggara sudah tidak ada yang menggunakan standar tersebut, dan sudah beralih ke Euro 4.

Sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia mengumumkan akan segera memberlakukan standar emisi Euro4. Pemberlakuan ini sesuai amanat Peraturan Menteri (Permen) LHK No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tanggal 10 Maret 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O.


(UDA)