Balap Mobil

Navigator Balap Mobil Pun Punya Kurikulum

Ahmad Garuda    •    Senin, 20 Nov 2017 07:24 WIB
balap mobilpembalap nasional
Navigator Balap Mobil Pun Punya Kurikulum
Navigator juga harus punya tingkat kecerdasan tinggi untuk memberikan arahan yang jelas, singkat dan padat terhadap pembalapnya. PL

Jakarta: Banyak orang yang bercita-cita ingin jadi pembalap, tapi bisa dikatakan hampir tak ada yang ingin menjadi navigator atau co-driver. Meski demikian, ada juga sebagian orang yang hobi dengan profesi sebagai navigator. Padahal tidak gampang menjadi seorang pendamping dan penunjuk jalan.

Hal itu kemudian diwadahi oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Mereka menggelar kegiatan Sharing Knowledge co-driver/navigator speed offroad, sprint rally, dan speed rally bertajuk “Co-driver Coaching Clinic”. Kegiatan ini berlangsung sukses di Gokana Sarinah, Jakarta Pusat pada Sabtu (18/11/2017) kemarin.

Kegiatan ini bermula dari sebuah gagasan bersama mengingat kancah speed offroad, sprint rally, dan speed rally sedang berkembang dengan signifikan. Ketua pelaksana event, Hervian Soejono yang juga menjabat Ketua Komisi Olahraga Mobil Slalom, Drifting, dan Time Rally IMI Pusat, dibantu langsung oleh navigator ternama nasional.

Mereka adalah Hade Mboi, Adi Wibowo, Donny Wardono, Nugraha Hadinata dan Aqiun yang berpendapat bahwa penting menggelar pelatihan khusus kepada para navigator pemula.

“Acara ini bisa terlaksana berkat kerja sama yang terjalin baik di antara Komunitas Rally Indonesia dan komunitas Kenekers. Misi kami agar regenerasi dalam profesi co-driver berlanjut, sehingga mereka yang baru terjun dapat mempelajari hal-hal penting terkait dunia navigator dari para seniornya,” klaim Hervian.

Pria yang akrab disapa Ian itu, menegaskan bahwa penting berbagi materi-materi yang memberi wawasan baru bagi para peserta. Mengingat antusias mereka terhadap acara ini juga sangat baik,” tambah Ian yang masih aktif menjadi navigator senior di ajang speed offroad, sprint rally, dan speed rally.

Tercatat sebanyak 65 peserta mengikuti kegiatan pelatihan co-driver ini. Tak hanya dari Jakarta, mereka juga datang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, hingga Batam.

Selain Ian, beberapa navigator senior nasional juga hadir sebagai mentor dan pembicara. Di antaranya Lanang Damarjati, Herry Koentoyo, Ade Ramadhan, Boy Martadinata dan Robby P, Maman Aruman. Bahkan driver seeded seperti Mago Sarwono, Erwin Mancha dan Hade Mboi yang sempat terjun dalam ajang World Rally Championship (WRC).

Mereka datang khusus memberikan materi perihal pacenote system. Lebih lanjut lagi, agenda pelatihan juga meliputi beberapa topik, seperti itinerary and time card, road book and tulip, operate copilote watch, serta beberapa lainnya terkait dunia navigator.

Acara ini dihadiri pula oleh Ketua Umum IMI Pusat, Sadikin Aksa, Ketua Pengprov IMI DKI Anondo Eko serta Sekretaris Olahraga IMI Pusat, Poedio Oetojo.


(UDA)