Industri Otomotif

Pabrik Nissan Jepang, Stop Produksi

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 22 Oct 2017 09:14 WIB
nissan
Pabrik Nissan Jepang, Stop Produksi
Produksi Nissan di Jepang terhenti selama dua minggu. The Financial Express

Metrotvnews.com: Hanya karena kesalahan inspeksi akhir pasca produksi mobilnya, Nissan harus menghentikan dulu aktifitas pabrik mereka. Penyebabnya adalah Nissan memberi hak bagi petugas tak tersertifikasi untuk pemeriksaan akhir mobilnya.

Akibatnya Nissan harus menarik kembali sekitar 1,2 juta unit mobilnya untuk diperiksa kembali. Terutama untuk melakukan inspeksi kualitas mobil, seperti dituliskan Reuters. Dan menurut laporan, Nissan memproduksi sekitar 79.300 unit mobil penumpang dan komersial pada Agustus lalu.

Dari situ, ada 27.600 yang disiapkan untuk pasar lokal, yang artinya sekitar enam persen dari produksi global mereka. Untungnya unit yang terdampak adalah unit untuk pasar lokal saja, karena beda jalur produksi dengan unit untuk ekspor.

Akibat kesalahan ini, pabrik Nissan berhenti produksi selama dua minggu, untuk melakukan pembenahan sistem kontrol kualitas pada pabriknya, sesuai peraturan yang ditentukan oleh Kementerian Transportasi Jepang.

Sebelumnya industri otomotif baru-baru ini sudah terguncang karena Kobe Steel yang memanipulasi spesifikasi baja dan alumunium yang mereka pasok untuk industri otomotif. Belum lagi kasus manipulasi data konsumsi bahan bakar oleh Mitsubishi.


(UDA)