Mobil Baru

Pasar Sulit, Alasan Mazda3 Sedan Tak Diboyong ke Indonesia

Ekawan Raharja    •    Senin, 23 Oct 2017 15:34 WIB
mazda
Pasar Sulit, Alasan Mazda3 Sedan Tak Diboyong ke Indonesia
Mazda3 hatchback sudah mulai dipasarkan di dealer-dealer resmi di tanah air. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Mazda Indonesia baru saja memasarkan Mazda3 di Indonesia. Namun perlu diingat bahwa Mazda3 yang dipasarkan adalah model hatchback, bukan model sedan. Mengingat pasar sedan di Indonesia masih mengalami kesulitan karena nilai pajak barang mewah yang cukup tinggi.

Direktur Sales, Marketing & PR, PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio, menjelaskan sengaja hanya memasarkan model hatchback di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari pasar sedan di Indonesia yang memang tidak terlalu bagus.

"Seperti yang anda tahu, sedan di Indonesia juga tidak besar market-nya. Jadi kita pelajari dan pertimbangkan," ungkap Ricky kepada Metrotvnews.com beberapa waktu lalu.

Jika dicocokan dengan data penjualan wholesale dari Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan mobil sedan memang tidak baik. Tercatat per September 2017, segmen sedan hanya menyumbang 6.639 unit dari total penjualan 803.757 unit. Ini artinya segmen sedan hanya berkontribusi 0,8 persen di total pasar.

Namun Thio menjelaskan bukan berarti menutup kemungkinan model sedan tidak akan dipasarkan. Jika suatu saat permintaan pasar memungkinkan, maka tahun depan bisa dipasarkan untuk model sedan.

Optimisme ini juga selaras dengan rencana pemerintah untuk meningkatkan industri otomotif. Pemerintah berencana untuk memangkas pajak mobil sedan, dan menyamakannya dengan pajak mobil jenis lainnya.

Jika menilik spesifikasi dan desain, versi hatchback dan sedan tidak jauh berbeda. Keduanya sudah bekali dengan gaya khas Mazda yakni KODO Design. Sedangkan jantung pacunya sama-sama menggunakan mesin SKYActive-G 2.000 cc berpadu gearbox SKYActiv-Drive 2.0 enam percepatan otomoatis.

Hanya saja untuk mobil hatchback tidak kebagian bagasi di belakang layaknya sedan. Sehingga tampilannya lebih compact dan ringkas.


(UDA)