Mobil Listrik

Tesla Roadster Bakal Jajal Planet Mars

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 09 Dec 2017 10:44 WIB
tesla
Tesla Roadster Bakal Jajal Planet Mars
Tesla bakal kirim Roadster ke Mars. Tesla

Jakarta: Tesla memiliki ide baru yang mungkin bakal sulit ditiru pabrikan mobil lainnya. Yaitu dengan mengirimkan mobil ke Planet Mars. Bahkan mobil yang dikirimnya bukanlah mobil khusus luar angkasa atau mobil robotik, tetapi yang dikirim adalah Tesla Roadster.

Rencana ini merupakan bagian dari projek luar angkasa Tesla yakni SpaceX. Tesla juga akan mengirimkan roket ke Mars dengan nama Falcon Heavy. Peluncurannya akan dilakukan di Cape Canaveral Florida, Amerika Serikat, yang juga menjadi tempat keberangkatan Apollo 11 ke Bulan pada 1969.

Nantinya Roadster akan berada di dalam SpaceX dan dihantarkan ke Mars. Tetapi bisa saja Roadster tidak sampai ke Mars apa bila tidak berfungsi dengan baik, dan terjebak di orbit Mars.

Roadster baru akan mulai di jual per 2020. Jika mobil ini sudah mulai di jual untuk umum, Roadster akan menjadi mobil jalanan terkencang di muka bumi.

Mobil listrik ini memiliki akselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 1,9 detik. dan mencapai 160 kpj cuma memerlukan 4,2 detik. Sedangkan kecepatan puncaknya diklaim bisa menembus 402 kpj.

Hal ini bisa dicapai berkat baterai berdaya 200 kWh. Kemudian jarak yang bisa ditempuh pun mencapai 997 kilometer dengan sekali pengisian baterai.

Pengiriman Roadster ke Mars juga sebagai bentuk migrasi yang dipersiapkan oleh Tesla. Mereka ingin membangun peradaban di Mars, dan akan memulai projek ini 2022.


(UDA)