Mobil Baru

Nissan Siap Produksi IMX Konsep

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 20 Mar 2018 10:22 WIB
mobil baru
Nissan Siap Produksi IMX Konsep
Nissan IMx KURO sasar segmen crossover listrik. Carscoops

Jepang: Mobil versi konsep IMX, akhirnya akan masuk ke jalur produksi. Kepastian ini dituturkan langsung Direktur Desain Eksekutif Nissan, Mamoru Aoki. Ia menjelaskan jika IMX juga mengusung konsep Nissan Intelligent Mobility, yang menjadi visi perusahaan itu dalam menyongsong teknologi berkendara futuristik yang lebih peduli lingkungan.

“IMX bukan hanya mobil konsep. Dalam beberapa tahun, akan muncul (dalam bentuk produksi). "Perancang kemudian menjelaskan crossover listrik nol emisi menjadi wujud dari masa depan Nissan Intelligent Mobility," kata Aoki seperti dikutip Carscoops.

IMX konsep telah melakukan debutnya di ajang Tokyo Motor Show 2017, Oktober silam. Kini Nissan Motor Corporation kembali mengungkap mobil konsep terbaru mereka di segmen crossover listrik, IMx KURO, dalam ajang pameran otomotif Geneva Motor Shor 2018, 

Versi terbaru dari konsep ini berbeda dengan sebelumnya, pada bagian eksterior mendapat revisi kelir dan pelek berwarna hitam, serta grille yang diperbarui dengan balutan warna mobil abu-abu gelap. 

Salah satu fitur teranyar yang disematkan adalah teknologi Brain-to-Vehicle (B2V), sistem yang dapat membaca aktivitas gelombang otak pengemudi dan mencari tanda-tanda bahwa mereka akan memulai gerakan - seperti memutar setir atau mendorong pedal gas, melalui fitur bantuan berkendara lewat sistem swakemudi dan manual yang dipelajari dari pengemudi.

Fitur teknologi B2V yang disematkan kepada IMx KURO secara umum mampu menghasilkan dua perintah yakni memprediksi dan mendeteksi dengan bantuan kecerdasan artifisial (AI). Ada juga sistem ProPILOT Nissan. Saat mode mengemudi otonom dipilih, setir atau kemudi akan melipat masuk ke dalam dasbor dan memberi pengemudi ruang tambahan.

Versi produksi kemungkinan akan menawarkan powertrain listrik dengan dua motor listrik yang menyediakan all-wheel drive serta output gabungan 429 hp (320 kW) dan 516 lb-ft (700 Nm) torsi. Konsep ini juga dilengkapi dengan "baterai berkapasitas tinggi" yang memungkinkan model tersebut menempuh jarak lebih dari 372 mil (600 km) dengan sekali charge.

Sayangnya, Nissan belum mengungkapkan secara pasti kapan IMX akan diproduksi massal dan bisa dikendarai di jalanan umum seluruh dunia.


(UDA)