Kaleidoskop Otomotif Nasional 2017

Pabrikan Mobil Tiongkok Mulai Pede Saingi Jepang

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 19 Dec 2017 17:44 WIB
kaleidoskop otomotifsokonindo automobile
Pabrikan Mobil Tiongkok Mulai Pede Saingi Jepang
Dongfeng Sokon Glory580 bakal rival langsung Honda CR-V Tubro. medcom.id/Ahmad Garuda

Jakarta: Kehadiran SUV Glory580 di awal Desember tahun ini cukup mengejutkan industri otomotif tanah air. Tak tanggun-tangung, pabrikan mobil Tiongkok bernama Dongfeng Sokon itu juga berencana membangun pabrik berkapasitas produksi 50 ribu unit mobil setahun.

Menarik, Brand yang masuk setelah Wuling ini diprediksi bakal menjadi rival dari All New CR-V Turbo, baik dalam segi performa maupun harga. Menilik performanya, CR-V mobil besutan pabrikan asal Jepang itu kini sama-sama dibekali mesin 1.500 cc dengan turbocharged.

Di All New CR-V terdapat fitur yang memudahkan pengendara seperti brake hold yang cukup membantu di jalan menanjak, kemudian beberapa fitur lain yang cukup memudahkan pengendaraan mobil tersebut. Ada juga fitur panoramic roof yang membuat suasana kabin menjadi lebih terang. 

Sementara di sektor entertainment, dipadu dengan LCD monitor yang mewah dan bisa berfungsi sebagai mirroring dari sistem operasi milik Apple dan mendukung sistem Android dengan bantuan aplikasi.

Berbeda dengan mobil pabrikan mobil Tiongok yang belum membocorkan detail tentang mesin dan fitur andalannya, namun yang pasti untuk urusan tenaga penggerak alias mesin, mereka masih mengimpor dari Tiongkok.

Saat ini Sokon baru memperkenalkan dua varian mobil yang baru akan mereka luncurkan di awal 2018 mendatang. Yaitu Glory 580 bergenre SUV 7 penumpang dan varian pick-up. Ini menjadi dua produk yang diklaim bakal mampu berpenetrasi bagus di pasar nasional. Apalagi kualitasnya benar-benar mereka perhatikan. 

Jika melihat spesifikasi yang terpasang di Glory580, mobil ini bakal bersaing langsung dengan All New Honda CR-V.  Dari sisi harga, dipatok Glory580 dikisaran Rp300 juta hingga Rp350 juta, sementara CR-V tipe tertinggi dibanderol Rp506 juta. Pilihan di tangan Anda.


(UDA)