Industri Otomotif

Penjualan Low SUV Honda Masih Dominan

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 14 Dec 2017 08:54 WIB
honda mobil
Penjualan Low SUV Honda Masih Dominan
Honda HR-V 1.5L masih banyak diminati konsumen Indonesia. Dok. Medcom

Jakarta: Penjualan mobil berjenis SUV (sport utility vehicle) semakin meningkat dipasar nasional. Hal ini mirip dengan tren global dimana mobil-mobil jenis ini mulai marak digunakan serta banyak model baru yang dihadirkan.

Di Indonesia Honda mengklaim kalau mereka adalah penguasa segmen ini. Untuk segmen Low SUV misalnya, pabrikan berlogo H ini mendominasi pasar hingga 58 persen.

HR-V 1.5L dan BR-V jadi andalannya. Untuk HR-V 1.5L jadi market leader dengan kuasai 33 persen (31.092 unit) penjualan Low SUV sepanjang tahun ini, disusul BR-V yang menguasai pasar 22 persen (19.011  unit).

Tahun depan tentu akan kita lihat, apakah Honda bisa mempertahankan statusnya saat ini, mengingat duo kembar Toyota Rush dan Dadihatsu Terios, hadir dalam model yang benar-benar baru dan mulai dijual tahun depan.

Beralih kesegmen SUV, disini Honda mengandalkan HR-V 1.8L dan CR-V. Untuk HR-V 1.8L, menguasai delapan persen pasar SUV. Masih lebih banyak CR-V yang terjual 13.893 unit dan menguasai 21 persen pasar SUV.

"Kontribusi segmen SUV dan LSUV terhadap market otomotif tahun ini masih sangat signifikan, dan kami bersyukur bahwa produk-produk Honda terus menjadi pilihan konsumen di segmen ini," kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.


(UDA)