Mobil Baru

Harga Terlalu Tinggi, Alasan BMW Tak Jual X5 Hybrid

Ekawan Raharja    •    Rabu, 11 Oct 2017 18:24 WIB
bmw
Harga Terlalu Tinggi, Alasan BMW Tak Jual X5 Hybrid
BMW X5 Hybrid hingga saat ini belum diluncurkan di Indonesia. BMWblog

Metrotvnews.com, Jakarta: BMW Group Indonesia sudah pernah menghadirkan X5 Hybrid di GIIAS 2016, bersanding dengan BMW i8 dan BMW M4 GTS. Sayangnya, hingga saat ini mobil gambot ramah lingkungan itu belum juga dipasarkan di Indonesia.

Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'Tania, menjelaskan banyak hal yang menbuat X5 Hybird tak kunjung dijual. Salah satunya mengenai permintaan pasar yang tergolong kecil.

"X5 kita sudah memiliki versi lokal dan completely build-up (CBU). Jadi kalau bicara tahapan harga dan kebutuhan konsumen di indonesia untuk X5 sudah ada. Sementara untuk versi X5 hybrid, segmentasinya masih sangat kecil," terangnya pada Selasa (10/10/2017) di Hotel Hyatt Jakarta.

Kecilnya pasar untuk X5 Hybrid tentu terkait juga dengan regulasi, mengingat harganya yang berbeda jauh dengan mesin bensin biasa. Khususnya mengenai pengaturan pajak dan benefit untuk konsumen di Indonesia.

"Kita membutuhkan regulasi yang memberikan keuntungan secara monetary kepada konsumen, sehingga mereka bisa melihat harga jual sesuai dengan apa yang mereka dapatkan," sambungnya.

Jika dibandingkan dengan BMW i8 yang sama-sama mengadopsi teknologi hybrid, nyatanya mobil sport tersebut justru sudah dijual per Agustus 2016. Lantas alasan apa lagi yang membuat X5 belum bisa meluncur?

"Positioning mobil itu sendiri juga menentukan. Kalau i8 itu tidak ada versi reguler i8, i8 is just an i8. Sportscar segmennya sangat niche, mereka menginginkan sportscar yang belum pernah ada sebelumnya dan dia ramah lingkungan," jawab Jodie.

Saat ini X5 hanya ditawarkan dalam dua varian, yakni X5 xDrive35i dan X5 xDrive25d. Konsumen bisa meminang mobil ini dengan harga Rp1,309 miliar dan Rp1,199 miliar, dan tentu saja harga ini masih terhitung off the road.


(UDA)