Bahan Bakar Minyak

Distribusi Premium Berkurang 54,4%

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 18 Nov 2016 10:49 WIB
Distribusi Premium Berkurang 54,4%
Pertamina kurangi premium secara nasional. Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah nozle/selang Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium berkurang di sebagian wilayah di Indonesia. Situasi ini terjadi karena PT Pertamina (Persero) secara bertahap bakal menghapus premium.

Hal itu juga disebabkan ada rencana penerapan penggunaan BBM standar Euro 4 oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada 2019.

National Marketing Communication (Marcomm) PT Pertamina (Persero), Lorenz Sandjaja menegaskan, pihaknya akan memperkenalkan jenis BBM dengan standar RON tinggi secara bertahap. "Hal itu bertujuan untuk menyamakan dengan standar Euro 4 yang memiliki kadar RON mencapai 91," kata Lorenz saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat (18/11/2016).

Salah satu yang telah dilakukan Pertamina dengan meluncurkan produk BBM baru dengan nilai oktan 98, yaitu bernama Pertamax turbo. BBM itu sudah diluncurkan pada Agustus 2016.

Menurut Laurens, konsumsi Pertalite dan Pertamax terus mengalami peningkatan. Situasi ini diyakini sebagai pertanda masyarakat Indonesia sudah paham soal penggunaan BBM yang baik dan berkualitas.

Pertamina menargetkan pengurangan BBM jenis premium bisa menyentuh angka 30 persen di seluruh Indonesia hingga akhir tahun ini. Pengurangan premium diklaim telah mencapai sekitar 54,4 persen di tanah air hingga September 2016.
(HIL)