Tips

Pahami Fungsi Shift Lock di Mobil Transmisi Otomatis

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 24 Nov 2016 11:48 WIB
tips mobil
Pahami Fungsi <i>Shift Lock</i> di Mobil Transmisi Otomatis
Cara penggunaan shift lock berbeda-beda, tapi punya tujuan yang sama. Team BHP

Metrotvnews.com, Jakarta: Andi Ilham kesal saat hendak pulang dari pusat perbelanjaan. Mobilnya terhalang mobil lain yang parkir secara paralel di depannya.  Ia makin kesal karena mobil tersebut tidak bisa didorong sama sekali.

"Mobil tersebut transmisi otomatis. Sebetulnya mobil tidak rem tangan. Tapi posisi tuas transmisi ada di P. Percuma saja karena mobil tetap tidak bisa didorong," kesalnya.

Akibat sang pemilik tak kunjung datang, mobil itu terpaksa didorong. Agar mobil bisa melaju, Andi memberikan air sabun di keempat roda. Cara ini memang akan merusak komponen mobil. Namun tetap harus dilakukan.

Sekelumit kisah itu mungkin juga dialami banyak orang ketika bertemu dengan pengemudi mobil transmisi otomatis yang tak paham soal parkir secara paralel.  

Memang ada perlakuan khusus untuk mobil transmisi otomatis saat parkir. Faktanya, kunci tak bisa dilepas jika transmisi berada di posisi N saat mobil berhenti. Pengemudi harus menggeser tuas ke posisi P terlebih dahulu untuk mencabut kunci.

Celakanya, setelah tuas pindah ke P dan kunci dicabut pengemudi langsung meninggalkan mobil tanpa mengembalikan tuas ke posisi N. Sebuah tindakan yang pantang dilakukan andai memarkir mobil secara paralel.

"Transmisi otomatis ada fitur shift lock. Ini untuk memindahkan tuas transmisi keposisi N," terang Rahmat Hidayat, pemilik bengkel rumahan di kawasan Depok.


Caranya sangat mudah. Ketika mobil sudah parkir dan mesin mati, pindahkan tuas ke posisi P. Lalu cabut kunci. Setelah itu, tekan tombol shiftlock atau tusuk lubang shift lock dengan anak kunci sambil menggeser tuas menuju N. Jangan lupa pula, mobil pantang direm tangan andai tidak menyusahkan pengemudi lain yang ingin parkir atau keluar dari parkiran.


(HIL)